Cara Menanam Tomat Di Dalam Polybag

Cara Menanam Tomat Di Dalam Polybag

Sabtu, 16 September 2017 Cara Menanam Admin

Cara Menanam Tomat – Tomat dikenal sebagai salah satu sayuran yang mempunyai struktur seperti buah. Tanaman tomat bisa dibudidayakan baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah dengan ketinggian berkisar anatara 0 hingga 1500 mdpl bergantung dari varietas tomat itu sendiri. Untuk mendapatkan tanaman tomat yang maksimal, tomat sebaiknya ditanam di tanah yang gembur dan subur dengan tingkatan asam berkisar 5,5 hingga 7.

Di alam bebas, tomat biasanya mempunyai bentuk seperti perdu dengan ketinggian hingga tiga meter. Namun, ketika dibudidayakan, tinggi tanaman tomat hanya berkisar 2 meter yang biasanya ditopang dengan tali atau ajir untuk menahan agar pohon tomat tidak roboh. Jika anda tertarik untuk membudidayakan tomat, berikut adalah cara menanam tomat dalam polybag bagi anda yang tidak mempunyai atau terbatasnya lahan sebagai media tanam.

cara menanam tomat

Cara Menanam Tomat di Dalam Polybag

  1. Pemilihan jenis tomat

Umumnya, tomat bisa dibedakan dari bentuk buahnya yang kemudian diklasifikasikan menjadi 4 jenis tomat yang banyak ditemukan di pasaran yaitu tomat granola atau tomat buah yang mempunyai bentuk bulat dengan pangkal yang mendatar. Selain itu, ada juga tomat gondola yang mempunyai bentuk lonjong dan biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan saus. Tomat sayur mempunyai rasa yang sedikit asam dan bertekstur keras sedangkan tomat cherry mempunyai rasa manis asam dan berbentuk kecil. Untuk cara menanam tomat dalam polybag, terlebih dahulu anda harus menentukan jenis tomat yang ingin di budidayakan.

Cara menanam tomat dalam polybag dengan mudah dan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Setelah memilih jenis tomat, langkah-langkah cara menanam tomat dalam polybag adalah memastikan bahwa tomat yang dipilih sesuai dengan tempat budidaya terutama dari segi ketinggian tempat dan kondisi iklim. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah bibit unggul yang berasal dari sumber yang terpercaya. Apapun varietas bibit tomat yang anda inginkan bisa dengan mudah didapatkan di toko pertanian. Untuk mengetahui sifat tanaman, anda bisa membacanya pada label yang ada di kemasan bibit tomat.

  1. Penyemaian benih

Cara menanam tomat dalam polybag tahap persemaian sangatlah penting. Direkomendasikan agar benih tidak langsung ditanam di dalam polybag namun disemaikan terlebih dahulu. Dalam cara menanam tomat dalam polybag ini, bibit harus mendapatkan perlakuan yang cukup berbeda dengan tanaman tomat yang sudah tumbuh besar. Untuk tahap persemaian, siapkanlah tempat dan juga media untuk persemaian. Pilihlah tempat yang terlindung dari sinar matahari dan air hujan secara langsung. Untuk media persemaian, anda bisa menggunakan petakan tanah, baki persemaian, dan yang lainnya.

Bagi anda yang menggunakan bedengan, buatlah larikan diatasnya dengan kedalaman sekitar 1 cm. Antara larik satu dengan yang lain, aturlah jarak sekitar 5 cm. Tanamlah bibit tomat pada setiap larik dengan jarak sekitar 3 cm. Tutup permukaan dan kemudian siramlah dengan air secukupnya. Cara menanam tomat dalam polybag yang menggunakan polybag sebagai media persemaian, isilah polybag dan benamkan bibit tomat dengan kedalaman 1 cm.

Setelah bibit tomat disemaikan, siramlah bibit tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari dengan menggunakan gembor yang halus. Saat menyiram, anda harus hati-hati agar tidak merusak permukaan media persemaian. Pada tahap persemaian bibit, cara menanam tomat dalam polybag selanjutnya adalah melakukan pemupukan tambahan yang dapat diberikan saat bibit berumur 2 minggu. Anda bisa menggunakan pupuk kompos, NPK, atau pupuk cair organik. Cara menanam tomat dalam polybag yang tak kalah penting adalah penyiangan. Rawatlah benih tomat dengan cara mencegah pertumbuhan gulma di area persemaian. Benih tomat tersebut siap untuk dipindahkan ke polybag saat berumur sekitar 30 hari atau lebih atau saat benih sudah mempunyai lima helai daun.

  1. Pemindahan bibit

Siapkanlah polybag dan media tanam sebelum benih tomat dipindahkan. isilah polybag dengan arang sekam, tanah, dan juga kompos dengan komposisi perbandingan 2:1:1. Cara menanam tomat dalam polybag ada dua metode dari persemaian dan memindahkannya ke polybag. Metode yang pertama, anda bisa memindahkannya dengan mencabut. Untuk cara ini, anda bisa memindahkan benih dengan mencabutnya dari tempat persemaian. Siramlah persemaian dengan air supaya media tanam tersebut menjadi lebih lunak. Cabutlah dengan hati-hati setiap benih agar akar tidak rusak atau putus. Masukkan benih tersebut ke dalam polybag secara tegak lurus pada lubang tanam yang sudah anda buat sebelumnya. Usahakan agar akar tanaman tegak lurus dan tidak terlipat atau bengkok agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan sempurna. Aturlah kedalaman lubang tanam tersebut sesuai dengan panjang akar tanaman.

Metode lain untuk cara menanam tomat dalam polybag adalah dengan memutar bibit pada saat dipindahkan dari tempat persemaian ke dalam polybag. Untuk cara ini, bisa dilakukan dengan mengangkat benih tomat dari media yang ada disekitarnya. Jika benih disemaikan di bedengan. anda bisa mencungkil benih tersebut dengan kedalam 10 cm. Gunakan tangan atau sekop dan kemudian angkatlah dan pindahkan beserta dengan tanahnya. Jika benih tomat disemaikan didalam polybag semai, anda bisa menarik atau menyobek plastik tersebut. Kemudian pindahkan dengan tanahnya ke dalam polybag yang berukuran lebih besar. Setelah semua benih sudah dipindahkan ke dalam polybag, pemeliharaan dan perawatan tomat harus dilakukan secara intensif meskipun dapat dilakukan dengan mudah. Karena penularan penyakit pada tomat terjadi lewat akar, sebaiknya anda menjaga agar media taman selalu basah atau tidak terlalu kering. Siramlah tanaman tomat paling tidak dua kali sehari. Namun, jangan terlalu basah agar akar tidak busuk.