Cara Menanam Jahe Merah Di Dalam Polybag

Cara Menanam Jahe Merah Di Dalam Polybag

Selasa, 18 Juli 2017 Cara Menanam Admin

Cara Menanam Jahe Merah – Negara indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam jenis tanaman baik tanaman hias, tanaman pangan, maupun tanaman obat. Salah satu tanaman obat yang banyak memiliki khasiat adalah jahe merah. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Oleh karena itu, jika anda ingin menanam tanaman ini, anda harus mengetahui bagaimana cara menanam jahe merah yang benar. Dengan begitu, anda dapat menanamnya didekat atau di kebun rumah anda. berikut ini adalah bagaimana cara menanam tanaman ini.

Cara Menanam Jahe Merah

Untuk menanam jahe merah ada beberapa langkah yang harus anda tempuh. Pada tulisan kali ini, tempat yang digunakan untuk menanam tanaman ini adalah polybag. Cara menanam jahe merah di dalam polybag yang pertama adalah dengan menyiapkan media untuk menanam jahe ini. Media dapat anda gunakan dalam menanam tanaman ini adalah polybag yang berisi tanah, pasir, dan pupuk organik dengan perbandingan 1: 1: 1. Pupuk organik yang dapat digunakan adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan seperti kambing. Sebaiknya pupuk yang anda gunakan adalah pupuk yang sudah difermentasikan karena pupuk yang sudah difermentasikan akan mudah diserap oleh tumbuhan sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman lebih cepat.

cara menanam jahe

Langkah yang kedua adalah memilih bibit jahe merah. Dalam memilih bibit tanaman ini, sebaiknya anda memilih bibit unggulan. Ciri-ciri dari bibit unggulan adalah memiliki warna yang cerah serta tidak luka, tidak memiliki penyakit, dan memiliki umur sudah tua. Bibit unggulan akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Setelah memilih bibit jahe, cara menanam jahe merah selanjutnya adalah dengan merendam bibit jahe tersebut ke dalam larutan fungisida selama kurang lebih 15 menit. Perendaman tersebut bertujuan untuk menghilangkan penyakit yang ada di dalam bibit jahe tersebut. Larutan fungisida dapat membunuh jamur-jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada jahe.

Setelah melakukan perendaman bibit jahe, langkah selanjutnya adalah dengan menanam bibit jahe yang sudah direndam. Semaikan bibit jahe ke dalam tempat yang lembab. Kemudian, simpanlah jahe yang sudah disemaikan pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. Cara menanam jahe merah adalah diletakkan pada tempat yang lembab. Tunggulah bibit tersebut sampai bertunas dan anda harus mengontrol bibit-bibit tersebut agar bibit jahe tersebut dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Jika bibit jahe tersebut sudah bertunas, maka langkah selanjutnya yang harus lakukan adalah dengan memindahkan bibit yang sudah bertunas ke dalam media yang sudah anda siapkan.

Cara menanam jahe merah di dalam polybag selanjutnya adalah dengan menancapkan bibit yang sudah bertunas pada media yang sudah anda siapkan. Jumlah jahe yang ditanam pada media sebanyak 3 sampai dengan 4 rimpang dengan posisi mata tunas berada di bagian atas. Kemudian, timbunlah rimpang jahe yang sudah bertunas tersebut dengan tanah dalam kedalaman tiga sampai 4 cm. Selain menimbun dengan tanah, anda juga dapat menggunakan jerami. Setelah menanam tunas jahe, maka cara tanam jahe merah selanjutnya adalah dengan menyirami tunas tersebut dengan air secukupnya. Kemudian tempatkanlah tunas yang sudah ditanam pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung agar tunas tumbuh menjadi daun. daun jahe yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat cepat menguning.

Cara Merawat Jahe Merah

Setelah melakukan penanaman jahe merah seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka langkah selanjutnya yang arus anda tempuh adalah dengan memelihara jahe tersebut agar tumbuh dengan baik. Dalam memelihara jahe merah, anda harus telaten karena untuk hasil yang maksimal dibutuhkan ketelatenan. Cara menanam jahe merah di dalam polybag dan memelihara yang tepat dan benar akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Untuk memelihara tanaman jahe merah anda harus menyiramnya setiap hari. Tanaman jahe membutuhkan media yang lembab sehingga anda harus memberikan asupan air untuk tanaman jahe anda.

cara menanam jahe merah

Selain melakukan penyiraman, anda juga harus melakukan penyiangan. Penyiangan ini berfungsi untuk membunuh gulma yang dapat mengganggu tanaman jahe merah anda. penyiangan ini dilakukan ketika jahe sudah berumur 4 bulan. Dengan melakukan penyiangan yang baik dan benar, maka tanaman anda akan tumbuh dengan baik karena gulma yang mengganggu tanaman jahe dapat diberantas. Dalam cara menanam jahe merah yang telah disebutkan di atas, maka untuk memeliharanya anda juga harus melakukan pemupukan susulan. Pemupukan ini berfungsi untuk membuat tanaman jahe anda semain subur. Pupuk yang dapat anda gunakan dalam pemupukan susulan adalah pupuk organik. Pemupukan dapat anda lakukan pada saat jahe merah berumur 2 bulan. Selain itu anda juga melakukan pemupukan 3 kali sebelum anda memanen tanaman jahe anda.

Dengan melakukan pemeliharaan yang baik dan benar, maka cara menanam jahe anda sudah hampir berhasil. Pemeliharaan yang baik akan menghasilkan hasil yang maksimal selain itu tanaman jahe anda juga akan tumbuh sehat. Cara menanam jahe merah di dalam polybag seperti yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan sebagai referensi anda yang dapat membantu anda dalam penanaman jahe. Dengan begitu, anda akan menghasilkan hasil yang maksimal. Sifat telaten harus anda miliki dalam penanaman tanaman ini. Anda bisa juga membaca artikel lainnya terkait cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.