Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Mudah dan Sederhana

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Mudah dan Sederhana

Rabu, 10 Mei 2017 Hidroponik Admin

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik – Menanam bawang khususnya bawang merah tidak lagi harus menggunakan media tanah karena saat ini ada salah satu alternatif metode lain dimana Anda dapat menanam tanam seperti bawang dengan lebih bersih yakni dengan metode hidroponik yang cara menanam bawang merah hidroponik adalah sebagai berikut.

Sebelum Anda melaksanakan tanaman jenis ini ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Anda tentunya tahu bahwa botol merupakan media tanam yang utama untuk metode hidroponik ini. Untuk itu Anda perlu menyiapkan botol bekas air mineral sebanyak-banyak yang Anda punya. Beberapa benda yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

  1. Bahan yang perlu disiapkan

Sebelum mengetahui cara menanam bawang merah hidroponik ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Beberapa benda tersebut adalah botol bekas air mineral dengan ukuran besar 1.5 liter. Lalu siapkanlah media tanam lain seperti sekam bakar. Sekam bakar adalah media yang paling umum digunakan. Selanjutnya Anda perlu menyiapkan benih bawang merah serta nutrisi hidroponik. Ingat pula untuk membawa air lalu kain flanel dan cutter. Anda lihat bahwa bahan-bahan yang digunakan sangatlah mudah untuk di dapat. Anda bisa mendapatkan benda-benda ini tanpa kesulitan. Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan tersebut Anda bisa mulai untuk bercocok-tanam.

  1. Persiapan Menanam Bawang Merah Hidroponik

Cara menanam bawang merah hidroponik dengan membuat pot dan tandon nutrisi. Pot dapat dibuat dari gelas bekas tadi. Pada bagian bawah harus dilubangi dengan posisi yang teratur. Sedangkan tandon nutrisi dibuat dari botol bekas yang telah di belah menjadi dua, ambil potongan botol bekas pada bagian bawah. Pada bagian tandon nutrisi juga diberi lubang-lubang udara. Anda juga perlu membuat batas untuk nutrisi tersebut. Nah, Anda ingat, pada bagian pot yang terbuat dari gelas plastik bekas tadi, di bagian dasarnya juga harus dilubangi. Lubang ini digunakan untuk memasang sumbu. Lubang udara yang Anda buat tadi memiliki lebar diameter kurang lebih 1 cm. Lubang udara yang ada pada bagian botol nutrisi berada di area yang lebih rendah dibandingkan dengan posisi dasar pot. Langkah membuat media tanam hidroponik untuk bawang merah ini tidaklah sulit.

Anda hanya perlu teliti dan tekun saat melaksanakan cara menanam bawang merah hidroponik. Anda dapat menyiapkan kain flanel yang telah Anda bawa tadi lalu. Selanjutnya gunting kain flanel tersebut dan Anda pasang pada pot tersebut. Selanjutnya Anda masukkan media tanam yang telah Anda buat ke dalam pot tersebut. Anda perlu mencat ulang bagian pangkal tandon yang dibuat agar tidak terkena lumut yang biasanya tumbuh saat cuaca sedikit lembab. Anda tidak perlu pusing memikirkan warna apakah yang harus Anda cocok karena Anda bisa mengaplikasikan beragam jenis warna yang Anda sukai. Ini tergantung pada daya kreatifitas Anda.

  1. Menyiapkan Media Tanam

Cara menanam bawang merah hidroponik selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam hidroponik yang Anda buat untuk bibit bawang merah. Anda perlu menyiapkan bibit bawang merah yang baik dan berkualitas agar Anda dapat memanen bawang merah yang telah tumbuh dengan baik. Bahan yang dapat Anda gunakan sebagai media tanam adalah arang sekam. Anda bisa juga mencampurnya dengan arang sekam dengan sabut kelapa. Saat Anda hendak mencampur kedua bahan ini maka Anda harus ingat dengan perbandingan komposisinya. Komposisi perbandingan yang dapat Anda buat antara arang sekam dengan sabut kelapa adalah 1 : 1. Langkah mudah bercocok-tanam bawang merah selanjutnya adalah dengan memasukkan media tanam tersebut ke dalam gelas pot Anda.

  1. Mencari dan Menyiapkan Bibit Bawang Merah

Cara menanam bawang merah hidroponik bisa dilanjutkan dengan menyiapkan bibit bawang merah. Bibit bawang merah yang Anda gunakan haruslah yang berasal dari bibit yang unggul dengan kualitas yang baik yang mampu memberikan hasil panen yang maksimal kepada Anda. Ada hal perlu Anda garis bawahi saat Anda hendak memasang media tanam ke dalam pot yakni dengan terlebih dahulu memasang kain flanel yang berguna sebagai sumbu ke dalam pot tadi. Setelah semuanya siap, Anda bisa melanjutkan langkah-langkah bercocok tanam hidroponik ini dengan memilih bibit bawang unggulan. Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat memilih bibit yang baik. Pertama pilihlah bibit bawang yang telah kering dan juga telah tua.

Bagaimana cara mencari tahu bahwa bibit bawang yang Anda buat itu telah kering dan tua? Caranya adalah dengan mencari umbi bawang yang memiliki warna yang mengkilat. Selain itu bentuk umbi bawang tersebut juga padat. Paling baik saat memilih bibit adalah dengan mencari bawang yang telah memiliki akar atau calon akar. Bibit bawang yang dipilih kemudian di potong di bagian ujungnya. Anda tidak perlu memotongnya terlalu banyak, cukup sedikit saja. Perkiraan ukurannya adalah 1/5 dari ukuran umbi bawang tersebut. Cara menanam bawang merah hidroponik kemudian dilanjutkan dengan melakukan penanaman umbi bawang. Cara menanam bawang ini dimulai dengan menyiram terlebih dahulu media tanam yang disiapkan tadi dengan menggunakan air biasa.

  1. Proses Penanaman dan Perawatan

Selanjutnya Anda tinggal membenamkan umbi bawang tersebut ke dalam pot kira-kira dengan kedalam setengah bagian umbi bawang tersebut. Cara menanam bawang merah hidroponik lalu dilanjutkan dengan meletakkan pot yang telah berisi umbi bawang di media tanam ke tempat yang teduh yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Anda dapat meletakkannya hingga kurang lebih 3-4 hari atau hingga tunas bawang mulai muncul. Saat tunas sudah tumbuh hingga setidaknya 1 cm maka itulah saatnya tandon yang ada diisi dengan larutan nutrisi dengan takaran secukupnya sesuai dengan batas yang Anda buat. Anda harus menjaga agar larutan nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman hidroponik ini anda berada di kondisi yang stabil agar dapat memanennya dalam waktu 2 bulan ke depan.

Itulah pembahasan katalogtanaman.com tentang panduan lengkap cara menanam bawang merah hidroponik mudah dan sederhana. Semoga saja artikel yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda yang ingin menanam bawang merah di rumah namun memiliki keterbatasan lahan.