Cara Membuat Rockwool Sederhana Sebagai Media Tanam

Cara Membuat Rockwool Sederhana Sebagai Media Tanam

Kamis, 14 September 2017 Hidroponik Admin

Cara Membuat Rockwool – Menanam tanaman saat ini tidak harus memakai tanah dan untuk tanaman hias tidak perlu repot-repot memindah tanah untuk dimasukkan ke dalam pot. Saat ini ada media tanam yang sedang naik daun dan digandrungi banyak orang yaitu menggunakan rockwool. Lalu bagaimana cara membuat rockwool itu sendiri? Sebelum membahas tentang cara membuatnya mari simak penjelasan tentang rockwool terlebih dahulu.

cara membuat rockwool

Banyak yang bertanya-tanya pastinya, apakah yang dimaksud dengan rockwool? Rockwool adalah media menanam dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari bebatuan dan tidak menggunakan tanah. Rockwool sendiri digunakan untuk media tanam yang banyak sekali digunakan oleh petani hidroponik. Media tanam rockwool banyak digunakan untuk menanam sayuran dan juga tanaman hias. Rockwool sendiri sudah banyak dijual di pasaran dan sekarang ini memang telah populer istilahnya sedang naik daun. Dengan menggunakan rockwool anda sudah tidak memerlukan tanah lagi untuk menanam sesuatu. Lalu bagaimana cara membuat rockwool sederhana sebagai media tanam?

Cara Membuat Rockwool

Cara membuat rockwool memang sederhana tapi tidak begitu mudah, bagi orang awam tentu media tanam ini sangat aneh dan tidak logis karena rockwool tidak memakai tanah sama sekali. Rockwool biasanya dijadikan sebagai salah satu media tanam hidroponik. Bahan-bahan apa saja yang harus digunakan untuk membuat rockwool? Rockwool terbuat dari bebatuan seperti batu kapur, batuan basalt dan batu bara. Batuan tersebut harus dipanaskan terlebih dahulu. Namun jika Anda kesulitan menemukan batu-batuan tersebut di sini ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat rockwool. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rockwool sederhana antara lain:

  1. Kaca
  2. Batu ( bisa batu kapur, batu volcanic dari gunung berapi, batu bara )
  3. Keramik

Setelah mendapatkan bahan-bahan tersebut lalu bagaimana cara membuat rockwool yang sederhana sebagai media tanam hidroponik?

  1. Anda harus memanaskan kaca terlebih dahulu dengan suhu 230-260 derajat celcius.
  2. Bahan yang berupa batu juga dipanaskan dengan suhu 700-850 derajat celcius.
  3. Ketiga memanaskan keramik dengan suhu 1200 derajat celcius
  4. Setelah ketiga bahan tersebut sudah panas dan melebur dan berubah bentuk seperti lava, maka selanjutnya adalah menunggu dingin. Bebatuan yang sudah menjadi lava tersebut akan membentuk serat-serat.
  5. Setelah bebatuan tersebut dingin maka kumpulan serat-serat tersebut baru dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Rockwool siap untuk digunakan

Menggunakan media rockwool untuk menanam memang mempunyai banyak unggulan tetapi perlu diingat, rockwool yang terbuat dari bebatuan mempunyai kandungan mineral alkali yang sangat besar dan PH dari rockwool cenderung tinggi untuk beberapa jenis tanaman. Maka sebelum digunakan akan ada perlakuan khusus. Lalu apa saja manfaat yang akan didapat dengan menggunakan media rockwool untuk tanaman hias dan sayuran?

  1. Ramah lingkungan. Anda bisa memanfaatkan bahan sisa keramik atau kaca untuk menanam tanaman.
  2. Hemat pupuk
  3. Tidak mengandung pathogen yang bisa menyebabkan penyakit pada tanaman/sayuran.
  4. Meminimalkan pemakaian disinfektan yang akan membuat sayuran menjadi tidak sehat/berbahaya jika dikonsumsi.

Dengan menggunakan rockwool tentu ini bisa menjadi salah satu alternatif para petani. Tidak hanya petani saja tetapi masyarakat yang hidup di kota besar yang tidak mempunyai lahan untuk menanam pun bisa memakai media tanam ini. Dengan menggunakan rockwool tentu Anda juga lebih bisa menghemat pemakaian pupuk karena rockwool dapat menampung air yang banyak dibandingkan dengan tanah. Semoga artikel katalogtanaman.com tentang cara membuat rockwool Anda jadi terinspirasi untuk membuatnya sendiri di rumah.