Cara Membuat Hidroponik Dengan Sumbu (Sistem Wick)

Cara Membuat Hidroponik Dengan Sumbu (Sistem Wick)

Senin, 10 Juli 2017 Hidroponik Admin

Cara Membuat Hidroponik Dengan Sumbu – Bercocok tanam dengan media budidaya hidroponik memang saat ini tengah booming dikalangan masyarakat. Namun tahukah kalian apa sebenarnya budidaya hidroponik itu sendiri? Hidroponik merupakan budidaya bercocok tanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dalam pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Kita pastinya tahu, memiliki pekarangan atau kebun sendiri memang sangat menyenangkan. Selain sebagai pengisi waktu luang dengan bercocok tanam, mempunyai kebun sendiri membuat kita bisa mendapatkan sayuran yang segar dan bebas dari pestisida atau obat berbahaya lainnya.

Saat ini kebanyakan sayuran memang banyak mengandung pestisida agar mendapatkan sayuran yang bagus dan segar. Ada beberapa sayuran bebas dari pestisida yang sering disebut dengan sayuran organik. Akan tetapi harganya yang selangit membuat kita berfikir ulang membelinya. Bukan hanya itu saja, kendala lainnya kendala adalah tidak semua orang memiliki lahan kebun yang luas untuk media bercocok tanam mereka. Dengan hidroponik, semua masalah dan kendala itu terjawab sudah. Ada enam cara penanaman dengan budidaya hidroponik ini. dan salah satunya adalah sistem wick. Sebelum masuk ke pembahasannya, anda juga bisa membaca artikel sebelumnya terkait cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem nft). Agar lebih mengenalnya, berikut adalah cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick).

cara membuat hidroponik dengan sumbu

Cara Membuat Hidroponik Dengan Sumbu (Sistem Wick)

Hidroponik dengan sumbu (sistem wick) merupakan teknik budidaya yang paling sederhana dan juga populer dipergunakan oleh para pemula. Wick sistem tergolong pasif dan nutrisi mengalir kedalam media tumbuhan dari wadah yang menggunakan sejenis sumbu. Cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) ini bekerja dengan baik untuk tumbuhan dan tanaman kecil. Namun sistem ini tidak dapat bekerja dengan baik pada tanaman yang membutuhkan banyak air. Penanaman dengan sistem ini, selain mudah juga dapat memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai lagi di rumah anda. Jenis tanaman hidroponik yang biasanya ditanam dalam sistem wick ini seperti kangkung, bayam, seledri, selada, cabe dan tanaman kecil lainnya.

Alat Dan Bahan Pembuatan Sistem Wick

Sebelum kita mulai cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) ini, kita sebaiknya menyediakan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah alat dan bahan pembuat sistem wick.

  1. Sediakan alat yang berguna untuk pot tanaman, seperti pot bekas, ember, kaleng bekas cat, botol, atau wadah bekas lainnya di sekitar rumah anda.
  2. Sumbu yang diperlukan, anda dapat menggunakan bekas sumbu kompor, kain flanel, dan atau kain yang menyerap air lainnya.
  3. Pemilihan media tanam, anda bisa menggunakan sekam, serabut kelapa, arang, pecahan bata, rockwool, kerikil, busa bekas kursi, kapas. Dan biasanya banyak yang menggunakan media tanam rockwool. Sebab rockwool lebih steril dan tahan terhadap penyakit tanaman. Anda dapat mudah mendapatkannya di toko pertanian atau membeli secara online.

Cara Menyemai Benih Hidroponik

Sebelum kita mulai menanam hidroponik ini, alangkah baiknya kita menyemai benih terlebih dahulu. Sehingga cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) kita akan cepat panen. Menyemai benih memang tergolong mudah, namun jika tidak dilakukan dengan benar, bisa saja biji yang kita semai tidak dapat tumbuh. Berikut adalah cara menyemai benih hidroponik.

  • Potong dadu rockwool yang telah kita sediakan sebelumnya. Kita potong kecil-kecil sekitar 2,5 x 2,5 cm. Atau bisa menggunakan media tanam lainnya.

  • Basahi rockwool atau media tanam lainnya, agar tidak terlalu basah cukup dengan menciprat-cipratkan air saja.

  • Kemudian buat lubang di tengah media tanam tersebut. Jangan melubangi terlalu dalam ya, lalu masukkan 2 atau¬†3 biji benih kedalam lubang yang sudah kita buat tadi.

  • Tata dan simpan dalam wadah lalu tempatkan di tempat yang tidak terkena air hujan namun terkena sinar matahari. Tunggu beberapa hari hingga telah tumbuh calon tanaman tersebut.

Langkah Mudah Membuat Media Tanam Sistem Wick

Sembari menunggu benih yang kita semai itu tumbuh, kita dapat memulai membuat media tanamnya terlebih dahulu. Langkah mudah membuat media tanam sistem wick kali ini akan menggunakan media botol bekas. Caranya juga sangat mudah, berikut ini.

  1. Potong botol bekas menjadi dua bagian, usahakan bagian bawah botol lebih tinggi dibandingkan dengan bagian atas botol ya.

  2. Cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) selanjutnya, buatlah dua lubang pada bagian leher botol. Kita dapat membuat lubang dengan menggunakan paku atau alat lainnya.

  3. Selanjutnya masukkan kain atau sumbu yang sudah tersedia, masuk dari satu lubang dan keluarkan dari lubang yang satunya lagi.

  4. Jika sudah tempatkan bagian atas botol dengan posisi terbalik kedalam bagian bawah botol dan media tanam siap digunakan.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick

Setelah semua alat dan bahan telah tersedia, benih juga telah tumbuh, saatnya kita mengetahui cara menanam hidroponik dengan wick sistem ini.

  1. Cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) yang pertama siapkan botol yang tadi telah kita buat, isi bagian bawah botol dengan larutan nutrisi.

  2. Secara hati-hati dan perlahan, pindahkan rockwool atau media tanam yang telah berisi tumbuhan tadi kedalam bagian atas botol. Dan kita tinggal menunggu hasil sayuran kita tumbuh besar nantinya.

Bagaimana? Menarik bukan cara membuat hidroponik dengan sumbu (sistem wick) ini. Dengan cara yang mudah, serta bahan-bahannya yang irit di kantong pastinya semakin membuat anda tertarik membuatnya sendiri di rumah. Sehingga kita dapat memperoleh sayuran segar dari kebun sendiri. Sistem ini memang sistem yang paling mudah. Selain itu jika ditata dengan rapi, sistem wick ini juga dapat memperindah tatanan rumah kita.