Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon (Sistem NFT)

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon (Sistem NFT)

Rabu, 12 Juli 2017 Hidroponik Admin

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon – Mempunyai banyak tanaman di rumah tentu menjadi salah satu keinginan setiap orang. Ya, hal ini di karenakan karena tanaman akan memberikan hawa sejuk bagi mereka ketika mereka hendak bersantai di rumah. Tentu saja, tanaman juga akan membuat rumah menjadi asri dan juga indah.

Akan tetapi, hal yang biasanya menjadi masalah adalah ketidaktersediaan lahan. Dewasa ini lahan untuk berkebun sangatlah susah. Oleh karena itu, hidroponik dengan paralon menjadi salah satu hal yang dapat di manfaatkan. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT)? Nah, pada kesempatan ini, kita akan mengupas secara ringkas perihal cara berkebun yang baru ini. Semoga dapat menjadi salah satu ide.

cara membuat hidroponik dengan paralon

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon (Sistem NFT)

Sebelum membahas mengenai cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT) secara lebih detil, terkadang orang bertanya kenapa media yang di pakai adalah paralon. Ya, ini merupakan salah satu pertanyaan wajar dan umum yang di tanyakan karena pada dasarnya masih ada beberapa media lain selain paralon yang dapat di gunakan untuk membuat hidroponik. Alasan kenapa paralon di gunakan adalah karena ketersediaannya yang cenderung lebih mudah di temukan. Selain itu, paralon juga mudah untuk di bentuk, misalnya saja untuk di lubangi dan di sambung dengan paralon lain. Tentu beberapa kemudahan ini akan memudahkan cara berkebun anda.

Untuk cara membuat hidroponik dengan paralon ini, anda tidak perlu menyediakan beberapa bahan khusus. Bahan utama yang harus anda siapkan adalah paralon itu sendiri. Terdapat banyak ukuran paralon di pasaran yang dapat anda pilih, tentu anda dapat memilih ukuran tersebut berdasar mana yang anda inginkan. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan sambungan paralon. Sambungan paralon ini di gunakan untuk menyambung beberapa paralon panjang untuk membuat semacam ‘komunitas’ tanaman. Tentu, anda juga harus mempersiapkan alat bor untuk melubangi beberapa paralon panjang. Untuk tanaman, anda dapat menyiapkan beberapa jenis tanaman hidroponik dan tentu saja pupuk, air dan perangkat berkebun lain. Beberapa kebutuhan dalam cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem nft) ini cukup simple bukan?

Cara Pertama Membuat Hidroponik Dengan Paralon

Sebenarnya, ada beberapa ide yang dapat di pilih terkait cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem nft). Nah, mari kita mulai dari ide yang pertama. Untuk ide ini, anda membutuhkan beberapa bahan dan alat seperti paralon yang berukuran 2.5 atau 3 inch, mesin bor, penyambung paralon berupa T atau L, sumbu, rockwol dan juga netpot. Anda dapat dengan mudah mendapatkan beberapa kebutuhan tadi di toko bangunan dekat rumah anda. Nah, lalu bagaimana cara untuk membuatnya? Untuk pertama kali, anda harus menentukan terlebih dahulu dimensi yang ingin anda buat. Umumnya, setiap batang paralon memiliki 20 lubang. Nah, atur jarak antar lubang lalu lubangi dengan menggunakan alat bor tadi.

Jarak yang tepat ini penting untuk menjaga ruang gerak tumbuhan ketika mereka tumbuh nanti. Oleh karena itu, anda harus mengatur jarak dengan seksama. Nah, setelah jarak sudah di atur dan lubangi sudah di buat, maka kita menuju ke tahap selanjutnya dalam cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT). Di sini, anda dapat memasang sumbu dan peralatan lain yang di butuhkan untuk membuat tanaman hidroponik ini. Setelah selesai, anda dapat menggabungkan beberapa paralon tadi menggunakan paralon T dan L yang sebelumnya sudah anda siapkan. Kini media tanam anda sudah selesai dan anda dapat mulai menanam bawang merah – misalnya.

Cara Kedua Membuat Hidroponik Dengan Paralon

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas ide lain terkait cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT). Pada ide yang kedua ini, anda membutuhkan sedikit banyak paralon. Untuk ide yang kedua ini, siapkan paralon berukuran 3 inch sebanyak 5 buah dan penyambung paralon berbentuk L sebanyak 7 buah. Selain itu, anda juga membutuhkan tangki untuk menampung air, gelas plastik bekas minuman, set pompa aquarium, irisan batang pohon pakis dan pupuk untuk nutrisi. Meskipun bahan cenderung lebih banyak, tetapi anda tetap mudah untuk mendapatkan kesemua bahan tersebut di sekitar anda. Lalu kita beranjak ke beberapa cara yang harus anda lakukan. Simak penjelasan di bawah ini.

Untuk pertama kali, buatlah lubang pada pada paralon seukuran gelas plastik yang telah anda sediakan sebelumnya. Di sini, sebaiknya anda memberi jarak sekitar 10 cm antar gelas agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Tentu saja, gelas juga harus di lubangi. Isi gelas anda dengan batang tanaman pakis yang di gunakan sebagai media tanam dalam cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT). Beri bibit tanaman yang akan anda tanam di situ. Setelah itu, masukkan gelas kedalam lubang. Pasang pompa aquarium di bagian luar. Terakhir, beri nutrisi pupuk pada air dan hidroponik anda siap dibudidayakan. Anda dapat mencoba cara bertanam hidroponik dengan paralon dengan anak anda.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas tadi, kita dapat mengetahui beberapa ide dan cara membuat hidroponik dengan paralon (sistem NFT). Tentu, ini dapat menjadi solusi keterbatasan lahan untuk berkebun di rumah anda. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus anda pahami di sini. Untuk menjaga agar tanaman anda tetap segar dan tumbuh dengan lebat, maka anda harus memperhatikan air nutrisi sebagai sumber makanan dari tanaman tersebut. Penting bagi anda untuk memberikan nutrisi yang seimbang dan baik. Selain itu, tempatkan hidroponik pada kawasan yang terbuka yang membuat tumbuhan mudah untuk mendapatkan cahaya matahari.