Fungsi TDS Meter Untuk Tanaman Hidroponik

Fungsi TDS Meter Untuk Tanaman Hidroponik

Sabtu, 29 Juli 2017 Hidroponik Admin

TDS Meter merupakan salah satu alat ukur yang dapat mengukur TDS Air secara cepat dan akurat. Dalam dunia hidroponik, TDS meter merupakan alat dan bahan yang wajib Anda siapkan. Fungsi dari alat ini untuk mengukur ppm di dalam larutan nutrisi yang nantinya akan digunakan. PPM ini merupakan part per milllion yang artinya bagian persejuta. Ppm ini menunjukan nilai kepekatan untuk larutan nutrisi hidroponik.

tds meter

Berbeda dengan PH meter yang digunakan untuk mengukur nilai PH, TDS meter ini digunakan untuk mempersiapkan hidroponik yang nantinya akan Anda gunakan. Dengan mengetahui nilai PPM pada hidroponik maka Anda akan mendapatkan gambaran mengenai apakah sudah sesuai dengan standar untuk hidroponik atau belum. Tidak hanya TDS meter, banyak pakar hidroponik juga memberikan saran bahwa ukurlah nilai EC nya saja.

EC atau electrical conductivity merupakan istilah yang sering Anda baca atau dengarkan ketika membahas mengenai teori dasar hidroponik. Secara keseluruhan apabila ingin mendapatkan hasil akhir yang baik dalam menanam hidroponik ini diperlukan alat utama TDS meter dan dua alat pendukung yaitu PH meter dan juga EC meter. Di toko online yang jual tds meter biasanya juga menyediakan alat yang dapat mengukur kedua parameter seperti EC dan TDS maupun ketika parameter yaitu EC, PH dan TDS.

Saran untuk pemula yang baru belajar, Anda cukup menggunakan alat ukur TDS meter saja, namun tetap kami anjurkan apabila ingin mengetahui dan memperhitungkan secara lebih mendetail maka dibutuhkan ketiga alat diatas. Meskipun motivasi awal saat Anda menanam tanaman dengan metode hidroponik ini untuk kesenangan semata seperti menyalurkan hobi, namun Anda pasti jauh lebih senang dan bangga apabila tanaman maupun sayuran yang Anda tanam tumbuh cepat, subur dan bisa cepat dipanen.

Jika betul demikian maka untuk tahap selanjutnya Anda bisa menabung atau menysihkan uang untuk membeli ketiga alat diatas yaitu TDS meter, PH meter dan EC Meter. Sebagai referensi, Anda bisa mencoba mengunjungi situs alat ukur indonesia, dimana disana banyak dijual alat-alat ukur untuk mendukung hidroponik Anda dan pengukuran lainya.

Nah Apabila anda berminat untuk order alat ukur seperti tds meter, ec meter maupun PH meter anda bisa menghubungi kontak :

  • Telpon: (0281) 6572222
  • SMS/Whatsapp: 08113038383
  • Email: sales@jvm.co.id

Apabila Anda ingin membeli alat ukur seperti TDS meter ataupun yang lainya, pastikan Anda mengetahui secara jelas spesifikasi yang dapat di ukur dengan alat tersebut. Adapun fitur-fitur pendukung yang dapat Anda tanyakan kepada penjual. Sebenarnya alat ini tidak terbatas pada hidroponik saja, namun alat ini juga merupakan alat yang wajib untuk mengukur TDS pada air minum yang akan kita konsumsi dengan harapan agar aman dikonsumsi. Untuk yang sedang mencoba menanam dengan metode hidroponik selamat berjuang, tetap semangat untuk belajar hidroponik agar panen cepat dan berlimpah.