Cara Menanam Selada Hidroponik Mudah dan Sederhana

Cara Menanam Selada Hidroponik Mudah dan Sederhana

Minggu, 30 Juli 2017 Hidroponik Admin

Cara Menanam Selada Hidroponik – Selada menjadi salah satu lalapan atau penghias makanan yang di gemari ibu-ibu. Dengan menggunakan selada, makanan menjadi lebih indah dan lebih menggugah selera. Akan tetapi, seringkali selada yang di jual di pasaran tidak dalam kondisi segar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menanam selada sendiri. Eits, tapi anda tidak perlu khawatir.

Dewasa ini sudah mulai di kembangkan cara tanam hidroponik sebagai solusi keterbatasan lahan di rumah anda. Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas tentang cara menanam tomat hidroponik. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas cara menanam selada hidroponik dengan mudah dan sederhana. Mari kita simak beberapa informasi terkait di bawah ini. Semoga dapat membantu dan memberikan ide yang baru untuk anda.

cara menanam selada hidroponik

Cara Menanam Selada Hidroponik

Keuntungan system tanam hidroponik

Sistem tanam, hidroponik merupakan salah satu ide baru dalam berkebun yang dapat menjadi pertimbangan bagi anda. Hidroponik ini menggunakan air sebagai media tanam. Selain itu, hidroponik menggunakan bahan-bahan yang dapat dengan mudah anda temukan, seperti paralon, pompa aquarium dan lain sebagainya. Bentuk media yang minimalis dan dapat di tempatkan dimana saja tentu menjadi salah satu keuntungan dan solusi dari keterbatasan lahan yang seringkali di alami ketika anda hendak berkebun. Nah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait cara menanam selada hidroponik. Simak beberapa penjelasan dan cara menanam selada hidroponik dengan mudah di bawah ini.

Cara menanam selada hidroponik dengan mudah

  1. Persiapan Bahan dan Alat

Untuk penjelasan cara menanam selada hidroponik, hal pertama yang harus anda siapkan adalah beberapa bahan dan alat yang terkait. Bahan utama yang harus anda siapkan di sini adalah botol air mineral yang berukuran besar. Selain itu, anda juga harus menyiapkan beberapa bahan lain, seperti tanah, pupuk, air, kain flannel, gunting, paku dan beberapa selada yang hendak anda tanam. Tentu, bahan dan alat yang diperlukan mudah untuk di dapatkan. Apalagi, anda juga dapat menggunakan bahan bekas untuk menekan biaya yang akan anda keluarkan. Jika beberapa alat dan bahan sudah siap, maka kita beranjak untuk membahas cara menanam selada hidroponik dengan mudah.

  1. Pembuatan Media Tanam

Untuk cara yang pertama adalah ambil botol air mineral dan potong menjadi dua bagian. Nah, pada bagian botol yang atas, lubangi dengan paku dengan jarak tertentu. Jika paku di rasa tidak cukup kuat untuk melubangi botol tersebut, maka anda dapat menggunakan soldier. Tentu, soldier akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Nah, setelah bagian atas botol di lubangi, maka yang selanjutnya adalah menumpuk dua bagian botol tersebut. Tumpuk dengan bagian tutup botol kearah bawah bagian botol yang lain. Jadi, nanti bentuknya seperti corong yang dimasukkan kedalam gelas. Tentu ini merupakan cara menanam selada hidroponik yang mudah bukan?

Sebelum di tumpuk tadi, anda harus mempersiapkan botol bagian bawah terlebih dahulu. Botol bagian bawah yang berbentuk seperti gelas berukuran besar tadi, di isi dengan air di setengah bagian saja. Nah, air ini akan menjadi sumber nutrisi dari selada yang hendak anda tanam secara hidroponik nanti. Sementara itu, pada bagian lain cara menanam selada hidroponik, anda juga harus melubangi tutup botol pada bagian atas botol tadi yang berbentuk seperti corong. Lalu, pada lubang yang anda bentuk dengan solider tadi, masukkan kain flannel ke dalamnya. Kain flannel yang memanjang tersebut akan berguna untuk menyerap nutrisi dari air yang ada di bagian bawah botol.

  1. Pemberian Campuran Tanah dan Pupuk

Nah, sekarang anda sudah mempunyai media tanam hidroponik berupa botol air mineral yang sudah di bentuk sedemikian rupa dan berisi air di bagian bawah. Separo dari cara menanam selada hidroponik sudah anda selesaikan. Lalu, siapkan tanah dan pupuk yang juga sudah anda siapkan di sini. Berikan pupuk yang sesuai dengan selada dan campur dengan perbandingan tanah dan pupuk yang pas. Setelah campuran tanah dan pupuk selesai dan siap, anda tinggal menempatkannya di bagian atas botol tadi. Lalu, tanam selada yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tentu, anda tidak boleh menanamnya terlalu banyak disana. Tanam saja secukupnya.
Hal yang harus diperhatikan

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat beberapa cara menanam selada hidroponik yang dapat kita lakukan dengan beberapa bahan dan alat yang sederhana dan dapat dengan mudah di temukan. Selain itu, cara yang harus di lakukan pun juga lumayan mudah untuk pemula sekalipun. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan di sini. Yang pertama adalah mengenai pupuk. Pupuk memang baik untuk nutrisi selada, akan tetapi, pemberian pupuk yang terlalu banyak dan tidak sesuai justru malah akan mengganggu pertumbuhan selada yang kita tanam dengan cara hidroponik tersebut. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan jenis dan jumlah pupuk yang anda gunakan.

  1. Proses Perawatan

Selain pupuk, anda juga harus memperhatikan kesehatan tanaman hidroponik anda. Selada perlu melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, tempatkan media tanam hidroponik anda pada bagian rumah yang mudah mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Sinar matahari secara langsung tentu sangat baik untuk membantu pertumbuhan selada dengan maksimal. Selain itu, sirami selada anda setiap pagi dan sore secara kontinu.

Demikian beberapa hal terkait cara menanam selada hidroponik dan hal yang penting untuk anda perhatikan. Hidroponik dapat menjadi salah satu solusi untuk anda yang memiliki keterbatasan lahan dalam berkebun. Semoga dapat menginspirasi anda sekalian.