Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag

Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag

Selasa, 1 Agustus 2017 Cara Menanam Admin

Cara Menanam Lidah Buaya – Lahan yang terbatas bukan menjadi masalah bagi anda yang ingin menanam lidah buaya. Saat ini anda bisa menanam lidah buaya dengan mudah menggunakan polybag. Anda bisa menanam lidah buaya pada lahan yang terbatas. Menanam lidah buaya di dalam polybag akan membuat anda lebih mudah dalam perawatannya. Anda tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan dari tanaman lidah buaya anda karena lidah buaya bisa tumbuh dengan baik meskipun di dalam polybag. Anda bisa memanfaatkan tanah yang anda miliki dan menggunakan metode ini untuk mengembangkan lidah buaya. Atau bisa juga anda mencoba baca cara menanam sawi hijau untuk mengisi pekarangan rumah anda. Cara menanam lidah buaya dalam polybag tidaklah terlalu sulit. Anda bisa memulainya dengan mengikuti tips berikut.

Baca Juga: Manfaat caturex

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda akan membudidayakan lidah buaya dengan menggunakan polybag. Anda perlu untuk mengatur jarak polybag, pemupukan, pengairan dan juga perawatan yang lainnya. Penaggulangan hama juga termasuk sebagai hal yang sangat penting agar budidaya lidah buaya di lahan yang tidak terlalu luas tetap bisa sukses. Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat kaya akan manfaat sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman obat, perawatan kecantikan bahkan bisa juga dijadikan sebagai bahan makanan yang menyehatkan. Cara menanam lidah buaya dalam polybag bisa dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk menanam lidah buaya.

cara menanam lidah buaya

Cara Menanam Lidah Buaya di Polybag

  1. Persiapan Menanam Lidah Buaya

Anda bisa menanam lidah buaya dalam polybag dipekarangan rumah anda sehingga akan memudahkan anda ketika anda membutuhkan tanaman ini. pertama anda bisa menyiapkan polybag yang akan di gunakan sebagai media tanaman. Ukuran dari polibag perlu untuk diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan polibag dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar bisa menanam lebih banyak lidah buaya pada pekarangan rumah anda. Anda bisa memilih polybag dengan ukuran diameter sekitar 20cm. ukuran ini tidak terlalu besar namun cocok untuk menanam di lahan yang terbatas. Cara menanam lidah buaya dalam polybag yang selanjutnya adalah dengan mengisi polibag dengan tanah sebagai media tanamnya.

  1. Pembuatan Media Tanam

Anda bisa mencampur pasir, tanah dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Perbandingan ini akan memberikan media yang tepat untuk menanam lidah buaya. Media tanam yang sudah anda campurkan selanjutnya bisa anda isikan kedalam polibag yang sudah tersedia. Isi dengan tepat dan jangan terlalu penuh agar lidah buaya bisa tumbuh dengan baik. Cara menanam lidah buaya dalam polybag ini sangatlah mudah dan juga memberikan anda ruang yang efisien untuk pertumbuhan lidah buaya. Ssetelah semua polibag yang anda siapkan terisi dengan tanah yang sudah di kombinasikan dengan pupuk dan juga pasir, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menanam lidah buaya.

  1. Penanaman lidah buaya

Cara menanam lidah buaya dalam polybag ini bisa dikatakan sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bibit lidah buaya yang masih kecil sebanyak yang anda butuhkan. Anakan lidah buaya adalah bibit yang pas untuk dikembang biyakkan dengan menggunakan polibag. Menanam bibit lidah buaya dalam polybag atau anakan lidah buaya sama seperti penanaman pada tanaman yang lainnya. Hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai kedalaman dari penanaman. Anda sebaiknya jangan terlalu menanam bibit anakan liadh buaya terlalu dalam agar tanaman tidak membusuk dan jangan terlalu dangkal agar tanaman tidak mudah roboh.

  1. Pemupukan tanaman

Untuk pemupukan tanaman maka anda sebaiknya mengetahui mengenai takaran dan juga bagai mana cara pemupukan yang tepat. Cara menanam lidah buaya dalam polybag yang sudah dilakukan dengan baik maka tentu perlu pemupukan yang tepat juga. Anda bisa menggunakan pupuk NPK atau juga bisa menggunakan pupuk organic. Jika anda menggunakan pupuk NPK maka anda bisa memberikan 2 gr pupuk untuk setiap polybag yang anda miliki. Pilihan lain untuk pupuk yang baik adalah pupuk cair organic. Anda bisa memilih pupuk mana yang paling tepat. pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua minggu sekali agar tanaman anda selalu sehat dan juga tumbuh dengan subur. Setelah anda memberikan pupuk dengan tepat maka anda juga harus memperhatikan perawatan yang lainnya.

  1. Pengairan untuk tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air, namun penyiraman tetap diperlukan apalagi jika musim kemarau tiba. Anda bisa melakukan penyiraman tanaman setiap hari sebanyak satu kali saja karena apabila tanaman terlalu banyak air justru bisa mengakibatkan pembusukan. Ketika musim penghujan anda tidak perlu melakukan pengairan. Pemberian air ini juga harus sesuai dengan ukuran dari polibag, jangan sampai anda melakukan pengairan hingga membuat genangan air pada polibag karena justru bisa membuat tanaman anda mati. Lidah buaya bukanlah tanaman air yang butuh banyak air agar bisa tumbuh. Cara menanam lidah buaya dalam polybag yang sesuai akan menghasilkan tanaman yang sehat.

  1. Pencahayaan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang membutuhkan banyak cahaya sepanjang hari. lahan yang harus anda persiapkan untuk menanam lidah buaya adalah pada daerah yang terkena panas seharian sehingga lidah biaya bisa mendapatkan cukup cahaya. Dengan adanya cahaya yang cukup maka pertumbuhan lidah buaya bisa maksimal. Anda bisa melakukan tips mengenai cara menanam lidah buaya dalam polybag agar anda bisa mendapatkan tanaman lidah buaya yang tumbuh secara maksimal. Penempatan lidah buaya adalah hal yang sangat penting jadi anda harus benar-benar menyiapkan lokasi yang tepat disekitar rumah anda. Setelah tanaman lidah buaya tumbuh dengan baik dan siap panen, maka anda bisa memanennya.usia yang pas untuk tanaman lidah buaya siap panen adalah sekitar 6 bulan. Anda bisa memetik lidah buaya mulai dari daun yang paling tua.

Itulah pembahasan katalogtanaman.com terkait langkah mudah cara menanam lidah buaya di dalam polybag. Anda bisa menanam lidah buaya di sekitar rumah anda namun pilihlah lokasi yang tepat agar tanaman tumbuh dengan baik. Semoga saja artikel ini membantu anda bercocok tanam lidah buaya di pekarangan rumah anda.