Cara Menanam Hidroponik Sederhana Dengan Media Air

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Dengan Media Air

Rabu, 16 Agustus 2017 Hidroponik Admin

Cara Menanam Hidroponik – Apakah anda suka berkebun? Nah, berkebun merupakan salah satu cara yang mudah dan memberikan keuntungan yang besar. Dengan berkebun, maka anda akan mempunyai halaman yang hijau dan asri. Selain itu, berkebun juga dapat mengurangi stress terlebih jika anda sibuk dalam bekerja. Akan tetapi, seringkali keterbatasan lahan menjadi masalah dalam berkebun. Dewasa ini, ada sistem tanam hidroponik yang dapat anda pilih. Ini merupakan salah satu solusi terbaik bagi anda. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa ide terkait cara menanam hidroponik sederhana dengan media air. Nah, simak beberapa penjelasan penting di bawah ini. Semoga menjadi ide yang dapat anda gunakan.

Cara Menanam Hidroponik

Manfaat sistem tanam hidroponik

Sebelum membahas beberapa detil mengenai cara menanam hidroponik sederhana dengan media air, hal yang perlu kita ketahui adalah tentang manfaat sistem tanam hidroponik. Tentu, memilih hidroponik sebagai sistem tanam harus mengetahui beberapa manfaat yang akan kita peroleh. Manfaat yang pertama adalah keterbatasan lahan dapat di tanggulangi. Sebagaimana kita tahu, sistem tanam hidroponik media air tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan hanya menggunakan paralon untuk media tanam. Tentu, anda hanya perlu lahan yang sempit untuk berkebun dengan sistem ini, sehingga cocok untuk anda yang tinggal di perkotaan dan tidak memiliki lahan yang cukup untuk berkebun.

Selain itu, manfaat dari sistem tanam hidroponik media air ini adalah beberapa bahan dan alat yang di perlukan sangat mudah untuk di temukan di sekeliling kita. Bahkan, kita juga dapat menggunakan beberapa barang bekas untuk media, sehingga secara tidak langsung kita juga mendukung semangat go green yang di canangkan dewasa ini. Selain mudah dalam mencarinya, beberapa bahan yang di gunakan dalam cara menanam hidroponik dengan media air ini juga terhitung murah. Bandingkan saja dengan jika anda harus menanam tanaman dengan media tanah. Ongkos yang anda butuhkan tentu akan lebih tinggi di bandingkan dengan cara hidroponik tersebut. Sangat menarik bukan?

  1. Cara Menanam Hidroponik Sistem NFT

Seperti judul yang saya tulis di awal, ada beberapa jenis cara menanam hidroponik sederhana dengan media air yang dapat anda pilih. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan sistem NFT. Ini merupakan salah satu cara yang di gemari dan menjadi cara yang paling popular dalam sistem tanam hidroponik ini. Maksud dari sistem NFT atau nutrient film technique ini adalah menanam dengan akar tanaman yang tumbuh pada bagian nutrisi yang tidak dalam. Sistem ini sangat efektif untuk mengembangkan beberapa tumbuhan kecil, seperti selada, sawi dan lain sebagainya. Untuk menerapkan sistem ini, anda perlu menjaga sirkulasi udara dan nutrisi dalam tanaman.

cara menanam hidroponik sistem nft

Untuk menerapkan sistem NFT ini sebagai salah satu cara menanam hidroponik yang di pilih, maka anda perlu memerlukan beberapa bahan dan alat. Bahan yang digunakan adalah tangki untuk di jadikan sebagai penampung, talang, atau pipa dan juga pompa. Nah, tugas anda adalah membuat rangkaian seperti ular dengan paralon besar yang sebelumnya telah di lubangi sebesar gelas plastik. Anda juga harus mempersiapkan kerangka untuk menyangga paralon yang sudah anda rangkai tersebut. Untuk mengalirkan nutrisi pada paralon tersebut, anda perlu menyiapkan pompa agar penyebaran nutrisi merata. Tentu, anda harus mengecek ketersediaan nutrisi setiap hari agar tanaman anda dapat tumbuh dengan maksimal.

  1. Cara Menanam Hidroponik Sistem Wick

Cara kedua yang dapat anda pilih untuk menanam dengan cara hidroponik adalah dengan sistem Wick. Ini merupakan salah satu cara alternatif yang dapat anda pilih. Sistem Wick merupakan salah cara menanam hidroponik sederhana dengan media air yang sangat mudah di kerjakan dan hanya menggunakan beberapa bahan yang mudah di temukan bahkan bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Untuk membuat media tanam dengan sistem ini, anda memerlukan botol air mineral bekas yang berukuran besar, soldier, dan juga kain flannel. Simak, beberapa bahan yang di butuhkan sangat mudah untuk di temukan di sekitar anda. Tentu, anda tidak perlu bingung untuk mencarinya.

cara menanam hidroponik sistem wick

Untuk membuat media tanam sistem Wick ini, anda perlu untuk memotong botol bekas tadi menjadi dua bagian, atas dan bawah dan beri lubang pada tutup botol. Setelah itu, gabungkan potongan botol tadi dengan posisi seperti corong di atas gelas plastik. Nah, pada lubang yang anda buat di tutup botol, masukkan sumbu atau kain flannel. Kain flannel akan berfungsi untuk menyerap nutrisi. Sebelumnya, isi botol bagian bawah dengan air yang sudah di beri pupuk. Pada potongan atas botol, beri tanah dan gunakan sebagai media tanam. Tanah yang digunakan tidak perlu di campur dengan pupuk. Dengan beberapa cara menanam hidroponik dengan media air tersebut, anda dapat memulai aktivitas berkebun anda.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat beberapa cara menanam hidroponik sederhana dengan media air yang dapat menjadi solusi bagi anda yang memiliki keterbatasan lahan untuk berkebun. Nah, hidroponik ini dapat menjadi salah satu ide dan solusi untuk keterbatasan lahan tadi. Adapun beberapa jenis tanaman yang dapat di kembangbiakan dengan menggunakan cara hidroponik adalah selada, sawi, bayam dan lain sebagainya. Tentu, menanam beberapa jenis tanaman hidroponik yang anda butuhkan sehari-hari dapat juga menghemat pengeluaran uang belanja anda. Akan tetapi, jangan lupa untuk menjaga kondisi tanaman anda, terutama permasalahan pada nutrisi dan sinar matahari agar pertumbuhan tanaman anda dapat maksimal.