Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Pekarangan Rumah

Minggu, 9 April 2017 Hidroponik katalogtanaman

Cara Menanam Hidroponik Sederhana – Memiliki hobi bercocok tanam pastilah menyenangkan apalagi khususnya bila Anda senang dengan model bercocok tanam dengan cara hidroponik di dekat rumah Anda layaknya sebagaimana Anda tahu bagaimana cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah. Bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik memiliki keuntungan tersendiri.

Teknik bercocok-tanam yang umum dilakukan biasanya menggunakan media tanah namun tidak demikian dengan media hidroponik. Teknik cocok-tanam seperti ini tidak menggunakan media tanah sebagai salah satu tempat untuk menanam sayuran melainkan menggunakan media botol dengan bantuan air, pupuk cair, dan oksigen sebagai gizi makanan untuk tanaman Anda. Lantas bagaimana cara melakukan cocok-tanam hidroponik ini secara mudah?

Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Rumah

Sebelum berkebun tentunya ada hal-hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Ada beberapa bahan-bahan yang pastinya perlu Anda siapkan. Bahan untuk cocok-tanam dengan media hidroponik yang perlu Anda miliki adalah botol plastik. Botol plastik yang digunakan bisa menggunakan botol plastik dari air mineral. Anda bisa menggunakan botol mineral ukuran besar. Setelah itu bahan yang lainnya adalah gelas plastik, jerigen ukuran besar bekas digunakan untuk minyak goreng. Kain, bisa menggunakan kain sumbu atau kain panel. Selanjutnya siapkan nutrisi hidroponik, dan material untuk media tanam seperti rockwool, kerikil kecil, arang sekam, pasir malang, dan pecahan bata merah. Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah dengan menggunakan bahan-bahan ini sangatlah mudah.

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah pertama kali adalah dengan memotong botol yang Anda miliki tadi menjadi dua bagian. Anda perlu melubangi bagian atasnya yakni di bagian area ujung botol untuk digunakan sebagai tempat memasang sumbu. Lubang tersebut juga berfungsi sebagai tempat aliran udara. Anda bisa mulai memasang sumbu pada area bawah botol. Kemudian masukkanlah bagian botol atas ke bagian bawah. Caranya adalah dengan cara dibalik. Anda bisa mulai mengisi dengan menggunakan tanah rockwool, sekam bakar, atau pecahan batu bata merah tadi. Material ini bisa membuat botol Anda menjadi lebih stabil.

Selanjutnya adalah dengan menanam biji tanaman yang hendak Anda tanam ke botol hidroponik tersebut. Ingat untuk turut menambahkan nutrisi hidroponik yang dibuat dengan cara dilarutkan dengan air. Anda bisa menyemprotkannya kemedia tanam tersebut dengan kurun waktu tanam tertentu. Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah tidaklah sulit. Anda bisa menanam tanaman hidroponik semacam cabe, tomat, seledri, dan lain-lain. Anda bisa membaca cara menanam cabe hidroponik. Agar tanaman yang Anda tanam di media botol tersebut bisa berkembang dengan baik dan sempurna, Anda bisa meletakkannya di area yang deket dengan paparan sinar seperti dengan meletakkannya di dekat jendela kamar Anda atau di jendela dekat dapur.

Selain menanam tanaman seperti cabai dan tomat Anda bisa juga menanam tanaman lainnya seperti bawang atau kangkung. Khusus untuk kangkung ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan. Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah dengan bibit kangkung juga sangatlah mudah. Dengan menanam sendiri tanaman kangkung yang Anda buat, Anda tidak perlu lagi repot-repot membeli bahan keperluan untuk bahan masakan Anda. Misalnya Anda ingin memasak sayur kangkung atau oseng-oseng kangkung maka Anda hanya perlu memetiknya langsung dari media tanam hidroponik Anda. Apalagi kangkung merupakan salah satu jenis tanam yang mudah dibudidayakan serta cepat di panen sehingga Anda tidak perlu menunggu lebih lama untuk bisa memetik hasil panen tanaman Anda. Cara menanamnya juga tidaklah sulit tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Cara Menanam Hidroponik Tanaman Kangkung

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah dengan jenis tanaman kangkung dapat dimulai dengan mempersiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang diperlukan saat menanam kangkung dengan metode hidroponik adalah sebagai berikut. Bahan pertama adalah dengan menyiapkan botol bekas yang berasal dari air mineral. Selanjutnya Anda perlu menyiapkan gunting. Anda bisa menggunakan cutter jika Anda mau. Anda juga perlu membawa gelas plastik ukuran 260ml. Tentunya Anda juga membutuhkan arang sekam serta nutrisi hidroponik agar tanaman Anda dapat tumbuh dengan baik. Siapkanlah juga solder dan paku juga tentu yang tidak boleh dilupakan adalah bibit kangkung.

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah dengan jenis tanaman kangkung hidroponik pertama kali adalah dengan membuat media tanam dari botol. Anda harus membuat dua lubang di bagian badan botol yang nantinya dimasuki oleh potongan gelas plastik. Setelah Anda selesai membuat lubang maka Anda perlu merebahkannya dengan posisi horizontal. Dengan bentuk botol yang mendatar Anda tidak lagi perlu menggunakan sumbu seperti cara yang sebelumnya. Lalu isilah botol dengan letak horizontal tersebut dengan larutan nutrisi sedangkan pada bagian gelas Anda bisa mengisinya dengan arang sekam.

Pada bagian ujung botol, buatlah lubang juga pada bagian area badan gelas plastik diberi lubang. Dengan begini tanaman Anda akan dapat tumbuh dan menyerap larutan nutrisi dengan sempurna. Selanjutnya anda tinggal memasukkan tanaman bibit kangkung di gelas plastik tersebut.

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah yang seperti sangatlah praktis. Anda dapat meletakkan botol-botol horizontal di area sekitar pekarangan rumah Anda. Tanaman ini juga memerlukan sinar matahari meski tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu Anda bisa meletakkannya di area yang sejuk namun tetap bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang baik.

Tags