Cara Menanam Cabe Rawit Di Dalam Polybag Yang Benar

Cara Menanam Cabe Rawit – Cabe rawit adalah salah satu komoditas pertanian yang mempunyai harga cukup fluktuasi di pasaran. Harga cabe rawit di pasaran selalu berubah-ubah terutama saat hari besar datang seperti saat hari lebaran, biasanya harga cabe akan melonjak tinggi. Hal inilah yang kemudian memancing banyak orang untuk menanam cabe baik untuk konsumsi sendiri ataupun di jual di pasaran.

Namun, bagi mereka yang tinggal di perkotaan, kurangnya lahan merupakan salah satu halangan untuk menanam cabe. Untungnya, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan polybag. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengetahui langkah-langkah yang dilakukan sebagai cara menanam cabe rawit di polybag.

cara menanam cabe rawit

Cara Menanam Cabe Rawit di Dalam Polybag

  1. Persiapan

Sebenarnya, cara menanam cabe rawit di polybag tidaklah sulit. Menanam cabe rawit bisa dilakukan baik di dataran tinggi ataupun di dataran rendah. Umumnya, cabe akan hidup dan dapat bertahan jika ditanam di ketinggian 0 hingga 200 meter diatas permukaan laut. Untuk suhu optimal cabe rawit berkisar antara 24 hingga 27 derajat celcius. Namun faktanya cabe rawit dapat tumbuh dengan suhu yang lebih tinggi. Hal ini bergantung pada jenis varietas cabe yang ingin anda tanam. Cabe rawit merupakan salah satu varian yang cocok untuk ditanam di iklim tropis dan mempunyai rasa yang cukup pedas serta banyak diminati di pasaran.

Untuk tips tentang cara menanam cabe rawit di polybag, langkah pertama yang harus anda lakukan anda memilih benih. Biasanya, benih cabe rawit tersedia mulai dari hibrida hingga cabe rawit jenis lokal. Jangan lupa baca juga cara menanam bawang merah. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan untuk cara menanam cabe rawit dalam polybag baik cabe lokal ataupun hibrida. Namun, pada cabe hibrida, dianjurkan agar dirawat dengan menggunakan produk obat-obatan tertentu. Biasanya, untuk cabe dengan varietas hibrida berasal dari Thailand dan Taiwan sedangkan untuk cabe rawit lokal banyak dikembangbiakkan di Kudus, Rembang, Sumatera Utara, dan berbagai daerah yang lainnya.

  1. Penyemaian benih
Baca juga :  Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Untuk mengaplikasikan cara menanam cabe rawit lokal dan hibrida dalam polybag sebaiknya anda tidak langsung menaruh benih pada polybag. Namun, benih-benih tersebut sebaiknya disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian ini betujuan untuk memisahkan benih yang berpenyakit, cacat, atau kerdil dan juga untuk menyeleksi pertumbuhan benih. Disamping itu, cara menanam cabe rawit di polybag dalam tahap ini juga betujuan untuk menunggu kesiapan benih hingga cukup tahan untuk selanjutnya ditanam ke polybag. Untuk tempat persemaian, anda bisa menggunakan daun pisang, petakan tanah, baki persemaian, dan media yang lain. Namun, menggunakan petakan tanah merupakan penggunaan media yang paling ekonomis.

Buatlah petakan tanah dan kemudian campurkan kompos. Aduklah hingga rata. Buatlah agar butiran tanah menjadi halus agar perakaran cabe rawit dapat menembus tanah dengan mudah. Untuk ketebalan petakan, buatlah sekitar 5 hingga 10 cm dan buatlah baris yang berjarak sekitar 10 cm. Cara menanam cabe rawit di polybag pada tahap persemaian benih ini dilakukan dengan memasukkan bibit cabe ke dalam baris tersebut dengan jarak 7.5 cm. Siram dan basahi tanah serta tutup dengan menggunakan tanah atau abu. Tutuplah dengan menggunakan karung goni basah hingga 3 atau 4 hari.

Pertahankan agar karung tersebut selalu basah. Di hari ke empat, benih cabe rawit akan mulai muncul dari permukaan tanah dan anda bisa membuka karung goni. Petakan tanah sebaiknya dilindungi dengan menggunakan plastik transparan. Hal ini bertujuan untuk melindungi benih cabe yang masih terlalu kecil dari siraman air dan panas berlebih. Benih tersebut siap dipindahkan ke polybag setelah berumur tiga hingga empat minggu atau setelah benih memiliki 3 hingga 4 helai daun.

  1. Mempersiapkan media tanam
Baca juga :  Cara Menanam Buah Naga Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Untuk media tanam, pilihlah polybag dengan ukuran diatas 30 cm supaya media tanam akan cukup kuat menopang pertumbuhan cabe yang semakin hari semakin rimbun. Cara menanam cabe rawit di polybag dapat menggunakan media tanam yang berasal dari campuran kompos, tanah, sekam padi, pupuk kandang, arang sekam,dan lain sebagainya. Untuk teknik cara menanam cabe rawit dalam polybag saat mempersiapkan media tanam, anda bisa mencampurkan tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Buatlah campuran dengan perbandingan 1:1:1 untuk tanah, pupuk kandang, dan arang sekam atau perbandingan 2:1 untuk campuran tanah dan pupuk kandang. Namun, pastikan bahwa pupuk kandang sudah matang jika anda menggunakannya dalam media tanam.

  1. Pemindahan benih

Sebelum memindahkan benih cabe, pastikan bahwa benih tanaman serta media tanam sudah disiapkan. Pemindahan sebaiknya dilakukan saat sore atau pagi hari karena matahari tidak begitu terik agar menghindari stress pada tanaman. Cara menanam cabe rawit di polybag saat melakukan pemindahan bibit harus dilakukan dengan hati-hati terutama pada bagian akar. Pastikan bahwa anda mencabutnya dengan sempurna tanpa ada kerusakan pada akar. Buatlah lubang dengan kedalaman 5 hingga 7 cm di dalam polybag dimana cabe akan tumbuh nantinya.

  1. Pemeliharaan

Untuk memelihara cabe agar tumbuh sehat, sebaiknya dilakukan pemupukan yang teratur. Pupuk yang dianjurkan adalah satu sendok makan pupuk NPK untuk setiap polybag yang dilakukan setiap sebulan sekali. Namun, cara menanam cabe rawit di polybag akan berbeda bagi anda yang ingin membudidayakan cabe rawit secara organik. Sebagai alternatif, anda bisa menyemprotkan pupuk organik cair saat masa pertumbuhan buah dan daun.

Sekian 5 langkah mudah cara menanam cabe rawit di polybag. Cara di dalam pembahasan katalogtanaman.com ini sangat cocok diterapkan untuk lahan pertanian skala kecil maupun di pekarangan rumah. Cukup mudah bukan? Sekarang anda sudah bisa memiliki ladang cabe sendiri. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Dalam Polybag Yang Benar | katalogtanaman | 4.5