Cara Menanam Bawang Putih Di Dalam Polybag

Cara Menanam Bawang Putih Di Dalam Polybag

Selasa, 11 April 2017 Cara Menanam katalogtanaman

Cara Menanam Bawang Putih ternyata bisa menggunakan polibag. Cara seperti ini bisa dikatakan sebagai cara menanam bawang putih di dalam polybag yang sangat praktis dengan perawatan yang juga cukup mudah. Anda bisa membuat taman anda menjadi lebih bermanfaat dengan memanfaatkannya sebagai taman yang lebih produktif dengan menggunakan sebagai lokasi untuk menanam bawang putih. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk kebutuhan anda sendiri atau jika anda berhasil membudidayakannya maka anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan anda. Harga dari bawang putih juga kurang stabil namun cenderung tinggi sehingga bawang putih akan sangat cocok untuk dibudidayakan.

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sangat penting untuk melezatkan setiap makanan. Anda tentu selalu membutuhkan bawang putih untuk membuat masakan yang lezat khususnya masakan khas Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jadi jika anda mengkonsumsi bawang putih anda bisa menurunkan kolesterol, menurunkan hipertensi, dan mengobati berbagai macam penyakit lainnya. selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk kecantikan karena bisa membantu mengatasi jerawat atau juga bisa mengobati iritasi. Bawang putih yang sederhana ini ternyata sangat bermanfaat jadi anda perlu mengetahui mengenai cara menanam bawang putih dalam polybag. Memiliki tanaman bawang putih di pekarangan rumah sendiri akan menjadi hal yang sangat menarik apalagi jika anda memiliki bukan hanya satu atau dua pot tanaman namun lebih banyak lagi.

cara menanam bawang putih

Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

  1. Pemilihan waktu

Cara menanam bawang putih di dalam polybag yang pertama adalah menentukan mengenai waktu penanaman. Waktu penanaman sangat berpengaruh mengenai keberhasilan dari budidaya bawang putih dengan menggunakan polibag. Anda sebaiknya menanam tanaman ini ketika musim kemarau agar bawang bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Kadar air yang terlalu tinggi di musim penghujan bisa membuat tanaman bawang menjadi cepat busuk. Setelah anda memastikan bahwa cuaca terik dan bukan berada di musim penghujan maka anda bisa memulai untuk mengikuti langkah dari tips budidaya bawang putih dalam polybag.

  1. Menyiapkan media tanam

Media tanam adalah hal pertama yang harus anda perhatikan. Anda bisa membuat media tanaman dengan menggunakan campuran tanah, pasir dan juga tambahan pupuk kompos. Anda bisa mencampurkan bahan tersebut dengan kombinasi takaran perbandingan 1:1:1. Setelah itu anda bisa meletakkan tanah pada polybag. Pemilihan tanah juga harus diperhatikan, anda sebaiknya memilih tanah yang gembur dan bukan tanah liat karena bawang akan sulit untuk hidup pada jenis tanah liat. Pupuk yang dicampurkan juga lebih baik menggunakan pupuk alami sehingga tanah menjadi sehat dan memiliki nutrisi yang baik untuk tanaman bawang tumbuh. Cara menanam bawang putih di dalam polybag ini adalah awal yang sangat menentukan pertumbuhan bawang putih.

  1. Pembibitan dan penanaman

Jika anda ingin mendapatkan tanaman bawang yang sudah berkecambah maka anda bisa melakukan proses sendiri dengan mengupas bawang putih lalu letakkan dalam kulkas selama kurang lebih 2 minggu sehingga bawang putih tumbuh kecambah. Apabila sudah mendapatkan bibit yang pas maka anda bisa menananmnya di polybag. Cara lain adalah dengan menanam langsung bawang putih yang sudah dikupas dan nantinya akan tumbuh tunas. Cara menanam bawang putih di dalam polybag bisa anda lakukan dengan sangat mudah.

Kedalaman menanam bawang putih dalam polybag secara langsung yang belum berkecambah adalah sekitar 2 hingga 3 cm dari permukaan tanah. Anda juga harus memperhatikan ujung runcing dari tanaman ini. anda harus menanam bawang dengan ujung runcing menghadap keatas. Jika anda menggunakan bibit yang sudah tumbuh tunas maka anda bisa menanamnya seperti pada umumnya. Setelah anda selesai menanam, perawatan harus selalu dilakukan dengan baik agar tanaman juga bisa tumbuh dengan baik. Cara menanam bawang putih dalam polybag yang sudah benar harus disertai dengan penyiraman dan juga pemupukan. Hal ini akan merawat tanaman hingga bawang putih siap dipanen.

  1. Pengairan dan pemupukan

Penyiraman harus dilakukan dengan rutin namun juga sewajarnya saja. Jangan sampai anda membiarkan tanaman bawang putih anda mengering karena kekurangan air dan jangan membiarkan tanaman anda busuk karena terlalu banyak air. Penyiraman bisa dilakukan setiap hari di pagi dan juga sore hari. Polybag yang terlalu becek akan membuat tanaman cepat menguning lalu membusuk jadi anda harus memberikan porsi air yang pas. Cara menanam bawang putih di dalam polybag yang selanjutnya adalah pemupukan. Anda sebaiknya melakukan pemupukan setiap minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk NPK dengan kadar yang pas.

Tips menanam bawang putih dalam polybag selanjutnya adalah mengenai pencahayaan, pencahayaan untuk tanaman bawang putih juga sangat penting, anda harus meletakkan tanaman ini pada lokasi yang terpapar cahaya matahari agar tanaman bisa tumbuh optimal. Perawatan dan pembasmian hama bisa anda lakukan ketika anda melihat gejala tanaman yang kurang sehat. Dengan menggunakan polybag anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah anda sebagai lokasi yang pas untuk bercocok tanam. Setelah tanaman tumbuh subur dan berusia sekitar 100 hari, anda bisa memanen dan menikmati hasil dari budidaya bawang putih. Setelah semua proses dari cara menanam bawang putih dalam polybag anda lakukan, anda bisa memanen bawang putih dan jangan lupa untuk menjemurnya sehingga bawang putih lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Cara ini sering digunakan oleh petani agar bawang putih tidak ditumbuhi jamur karena terlalu lembab. Pengurangan kadar air adalah hal sederhana namun sangat bermanfaat untuk bawang anda.

Itulah gambaran dari katalogtanaman.com tentang bagaimana langkah mudah cara menanam bawang putih di dalam polybag yang sangat praktis dan mudah untuk anda coba di rumah. Anda hanya perlu melakukan tips sederhana dan menyiapkan beberapa hal yang diperlukan. Selain bawang putih, anda juga bisa mencoba cara menanam bawang merah di dalam polybag. Semoga bermanfaat.

Tags