Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Senin, 7 Agustus 2017 Cara Menanam Admin

Bunga sedap malam, seperti namanya bunga ini memiliki ciri yang khas dimana bunga ini akan mekar dan mengeluarkan bau yang sedap pada malam hari. Jenis tanaman hias ini memiliki warna bunga yang berbeda, terdapat warna kuning, putih dan merah. Tanaman ini diperkirakan berasal dari benua Amerika tepatnya dari Meksiko. Jenis tanaman bunga sedap malam ini memiliki umbi yang saat ini telah diketahui terdapat 12 spesies dari genus Polianthes.

Bunga sedap malam memang unik dibandingkan dengan jenis bunga pada umumnya. Selain sebagai tanaman hias, bunga ini juga memiliki manfaat lainnya. Dimana bunga ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parfum. Tidak hanya itu bunganya juga sering dijadikan salah satu bunga dalam rangkaian bunga yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Hal itulah yang menjadikan bunga sedap malam menjadi potensi bisnis atau ekonomi. Sehingga tidak heran jika bunga hias ini mulai dibudidayakan. Sebelum membahas mengenai cara menanam dan merawat bunga sedap malam, kita ketahui terlebih dahulu syarat-syarat agar bunga hias yang satu ini dapat tumbuh dengan baik.

Bunga Sedap Malam

Budidaya Bunga Sedap Malam

Bagi yang anda yang berminat untuk menanam atau membudidayakan tanaman sedap malam ini sebaiknya tidak hanya memperhatikan budidaya bunga sedap malam namun juga perlu memperhatikan iklim dan syarat tanah yang cocok. Dimana tanaman ini akan bisa tumbuh dengan subur di daerah dengan suhu dan kelembapan sekitar 13 derajat celcius hingga 27 derajat celcius. Yang perlu diperhatikan lainnya adalah wilayah yang memiliki curah hujan per tahun diantara 1900 hingga 2500 mm dengan sinar matahari penuh. Dengan demikian tanaman bunga sedap malam mini cocok di dataran sedang atau dataran tinggi yaitu dengan ketinggian 600 m hingga 1500 dpl.

Gambar Bunga Sedap Malam

Selain iklim, jenis tanah juga menjadi syarat tumbuh tanaman bunga sedap malam. Walaupun jenis tanaman ini bisa hidup di semua jenis tanaman namun khususnya pada tanah yang gembur, banyak mengandung humus, mempunyai derajat keasaman (ph) antara 5 hingga 5,7. Tidak hanya itu tanah yang digunakan tempat menanam sebaiknya memiliki tata udara dan tata air yang bagus. Nah berikut ini kami ulas mengenai cara menanam dan merawat bunga sedap malam.

Foto Bunga Sedap Malam

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Langkah pertama dalam panduan cara menanam bunga sedap malam adalah menyiapkan bibit tanaman. Dimana bibit sebaiknya diambil dari tumpun induk yang umurnya lebih dari 2 tahun. Pemilihan induk juga harus menjadi perhatian, tentunya bibit yang baik adalah bibit yang berasal dari rumpun indukan yang sehat dan sering berbunga. Tidak hanya itu umbi/ rumpun indukan juga tidak sedang terluka. Setelah mendapat indukan yang baik, bongkar induk dan ambil umbinya lalu potong-potong akarnya. Selanjutnya umbi bisa disimpan di tempat terbuka namun kering selama 1 hingga 2 bulan hingga umbi menjadi bertunas.

Budidaya Bunga Sedap Malam

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Dimana lahan yang bisa digunakan untuk menanam umbi sedap malam tentunya memiliki kandungan air yang cukup. Langkah pertama adalah menggemburkan tanah terlebih dahulu lalu diamkan selama 2 minggu. Selanjutnya membuat bedengan dengan lebar 1 meter x 2,5 meter dengan jarak 30 cm. Selain itu dianjurkan bedengan menghadap kearah matahari terbit. Kemudian taburkan pupuk kandang diatas bedengan. Pembuatan parit disekitar lahan akan menjadikan pertumbuhan tanaman sedap malam semakin baik.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara menanam bunga sedap malam selanjutnya adalah menanam umbi, terlebih dahulu membuat lubang setinggi umbi yang akan ditanam. Dimana jarak tanam yang dianjurkan adalah 20 x 20 cm. Kemudian masukkan umbi ke dalam lubang dengan posisi tunas menghadap ke atas lalu tutupi tunas dengan tanah yang halus. Taburkan pupuk dasar urea pada lahan diantara dua tanaman, lalu siram bedengan hingga cukup basah.

Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Cara merawat bunga sedap malam. Untuk membesarkan umbi yang telah ditanam, tentunya membutuhkan perawatan pada hari-hari selanjutnya. Salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah penyiraman. Namun perlu diperhatikan, yaitu bagaimana kondisi tanahnya, apabila tanah memang sudah cukup basah penyiraman bisa ditunda. Namun usahakan jangan sampai tanah menjadi kering. Ketika perlu dilakukan penyiraman, waktu yang tepat adalah pada pagi atau sore. Perawatan lainnya adalah dengan membersihkan tanaman liar lainnya yang tumbuh tidak diinginkan disekitar umbi. Tidak hanya itu perawatan tanaman bunga sedap malam selanjutnya adalah pemupukan yang dilakukan pada usia tanaman mencapai 6 bulan.

Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Tentunya selain perawatan, tanaman bunga sedap malam juga memerlukan perlindungan. Dimana tanaman tentu saja tidak bisa dihindarkan dari hama penyakit diantaranya adalah ulat tanah, belalang, penyakit layu, ataupun umbi membusuk. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian hama yang bisa dilakukan dengan menggunakan pestisida ataupun cara alami dengan cara menjaga kebersihan, memperbaiki saluran air, ataupun penggemburan tanah. Dengan perawatan yang tepat tentunya bunga sedap malam dapat dipanen pada usia 7 atau 8 bulan. Dimana bunga yang bisa dipanen dalam satu tangga hanya 1 – 3 kuntum saja. Tidak hanya itu pemotongan bunga pun perlu diperhatikan yaitu dengan menggunakan pisau atau gunting pangkas yang tajam dan bersih. Selanjutnya bunga sebaiknya diletakkan pada ember yang berisi sedikit air.

Nah itulah pembahasan katalogtanaman.com terkait cara menanam dan merawat bunga sedap malam merupakan panduan yang tepat dalam melakukan persiapan bibit hingga pemanenan dengan cara yang tepat. Untuk anda yang mencoba tanaman hias lain, anda bisa membaca cara menanam bunga mawar. Semoga saja artikel ini dapat dijadikan panduan untuk anda yang suka budidaya tanaman hias.