Cara Menanam dan Merawat Bunga Bougenville

Cara Menanam dan Merawat Bunga Bougenville

Jumat, 9 Juni 2017 Cara Menanam Admin

Bunga kertas atau bunga bougenville merupakan tanaman bunga yang bisa membuat penampakan rumah anda sangat indah. Bunga ini dapat dibudidaya dengan cepat dan tidak membutuhkan perawatan terlalu khusus. Bunga bougenville juga sering dibuat menjadi tanaman bonsai. Hal ini dikarenakan bentuk bunga bougenvile yang memiliki batang kokoh dan bisa dibuat mini. Anda bisa menanam bunga bougenville dengan menggunakan cara stek atau sambung. Saat ini jenis bunga bougenville sangatlah banyak sekali. Jenisnya berdasarkan warna bunganya. Ada yang warnanya merah, ungu. Putih dan lain sebagainya. Bahkan dalam 1 bunga, anda bisa mempunyai pohon lebih dari 1 warna. Cara menanam dan merawat bunga bougenville dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Bunga Bougenville

Tanaman bunga bougenville tidak bisa dibudidayakan dengan biji, umbi atau lainnya. cara paling mudah adalah dengan menggunakan stek batang. Buat anda yang ingin membuat 1 pohon ada beberapa warna bunga, juga menggunakan cara stek ini. Bunga bougenville dapat tumbuh dimana saja dan dengan cuaca seperti itu. Oleh karena itu cara menanam dan merawat bunga bougenvile sangatlah mudah. Bahkan dibiarkan begitu saja. Bunga ini sudah bisa tumbuh dengan baik. Tetapi bunga bougenvile tidak boleh terlalu sering terkena air hujan atau tergenang karena akan membuat akarnya cept membusuk dan bunga tidak dapat mekar dengan baik. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai cara menanam dan merawat bunga bougenville.

Gambar Bunga Bougenville

Cara Menanam Bunga Bougenville

Cara menanam dan merawat bunga bougenvile bisa dengan cara stek. Cara steknya hampir sama dengan cara stek bunga melati. Lakukan stek pada bagian batangnya. Pilihlah batang yang sudah berusia tua, selanjutnya potong batang tersebut dengan cara menyerong atau bentuknya meruncing. Tahap selanjutnya tancapkan atau tanam batang pada media tanam yang sudah anda persiapkan. Tanam dalam kedalaman kurang lebih 3-5 cm saja. Lakukan proses penanaman pada pagi hari atau malam hari. Jangan tanam pada siang hari karena akan membuat tanaman cepat layu. Ketika anda menanam pada pagi hari akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh tunas baru.

Cara Menanam Bunga Bougenville

  1. Persiapan Media Tanam

Setelah melakukan penstekan, cara menanam dan merawat bunga bougenvile selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Medianya menggunakan media tanam campuran. Medianya menggunakan tanah yang berpasir. Bunga bougenvile dapat tumbuh dengan subur di tanah berpasir. Tambahan pasir pada media tanam akan bersifat porous. Sehingga media tanam yang anda gunakan mempunyai lubang kecil atau pori-pori. Pori-pori ini berfungsi untuk pertukaran udara atau air ke dalam tanaman. Selain itu akan menjaga kelembaban tanaman. Anda bisa meletakkan pasir pada bagian bawah. Cukup sepertiga pot saja. Kemudian masukan campuran media tanah dan pupuk kandang kedalam pot.

Cara Merawat Bunga Bougenville

  1. Tahap Pemangkasan

Tanaman bunga bougenvile sangat membutuhkan proses pemangkasan. Terutama buat anda yang ingin membuatnya menjadi tanaman bonsai. Dengan pemangkasan akan membuat tanaman bunga bougenvile tampak lebih indah dan lebih cepat berbunga. Anda cukup melakukan pemangkasan pada bagian batang atau rating yang sudah panjang dan bentuknya kurang teratur. Lakukan pemangkasan secara rutin. Jika ada batang atau rating yang mempunyai daun terlalu lebat, anda bisa memangkasnya juga. Jika tanaman terlalu banyak daun, akan membuat nutrisi untuk proses pembungaan terhambat. Cara menanam dan merawat bunga bouginvelie ini harus dilakukan dengan benar.

  1. Tahap Pemupukan

Cara menanam dan merawat bunga bougenville selanjutnya adalah proses pemupukan. Bunga bouginvel kan tumbuh dengan baik jika dipupuk dengan baik juga. Pemupukan ulang akan membuat media tanam tetap subur. Anda bisa melakukan pemupukan 1 bulan setelah tanaman di tanam. Lebih baik menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Sehingga lebih bagus untuk tanaman anda. pupuk organik juga mengandung nutrisi yang lebih lengkap. Jangan gunakan pupuk kimia karena bisa mencemari kandungan didalam tanah. Untuk pupuk kimia cukup untuk memberantas hama penyakit saja. Jangan digunakan terlalu berlebihan.

Budidaya Bunga Bougenville

  1. Menanam Dengan Teknik Sambungan Pucuk

Selain menggunakan teknik stek. Cara menanam dan merawat bunga boigenvile bisa dengan cara teknik sambungan pucuk. Teknik sedang sangat popular di kalangan para budidaya bunga bougenvile. Teknik ini akan membuat satu pohon bisa mempunyai beberapa jenis bunga bougenvile. Cara membuat teknik ini sangat mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang sulit. Cara penyambungannya hampir sama ketika anda melakukan penyetakan. Cukup ambil batang dari beberapa jenis tanaman bougenvile. Kemudian sambung pada pohon yang anda tanam. Penyambungan bisa disesuaikan dengan keinginana anda. dalam 1 pohon bisa dilakukan penyambungan lebih dari 3 jenis tanaman. Dengan penyambungan ini akan membuat tanaman bunga anda menjadi lebih indah.

Foto Bunga Bougenville

Selain itu jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin. Bunga bougenvile tidak membutuhkan penyiraman terlalu banyak. Cukup disiram sampai lembab saja, jangan terlalu sering karena jika tanaman ini terlalu basah akan membuat bunga cepat membusuk. Jadi lakukan penyiraman secukupnya saja. Letakan pada daerah yang mendapatkan cahaya matahari cukup banyak. Ini akan membuat proses fotosintesisi berjalan dengan baik. Jika tanaman terkena hama penyakit., anda harus segera mengatasinya. Bisa dengan cara memotong bagian yang terkena hama penyakit atau menyemprotkan fungsisida.

Tanaman bunga bougenvile sangat mudah berbunga. Terkadang 1 bulan sekali pasti berbunga. Itulah cara menanam dan merawat bunga bougenvile. Anda bisa membuat dan merancang bentuk tanaman bunga bogenvile sesuai keinginan anda. Atau jika mau anda juga bisa mencoba menanam bunga bakung sebagai variasi tanaman hias anda. Sekian pembahasan dari katalogtanaman.com kali  ini dan selamat mencoba.