Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Rabu, 31 Agustus 2016 Cara Menanam katalogtanaman

Bunga Anggrek – Berkebun merupakan kegiatan yang dipercaya mampu mengontrol pikiran dan perasaan. Dimana dengan melakukan kegiatan berkebun nantinya akan mampu mengurangi stress. Banyak tanaman yang bisa dipilih dalam kegiatan berkebun. Mulai dari tanaman yang mudah ditanam hingga tanaman yang memiliki nilai jual yang tinggi bahkan tanaman langka sekalipun. Salah satunya adalah bunga anggrek. Jenis bunga yang satu ini memang dikenal sebagai bunga yang indah nan elegan cantik menawan. Sehingga tidak heran bunga ini juga dijadikan sebagai bunga nasional bangsa Indonesia. Nah tertarik untuk mulai menanamnya? Silahkan simak cara menanam dan merawat bunga anggrek.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Budidaya Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan bunga yang memiliki jenis yang paling banyak. Bunga yang nama latinnya Orchidaceae ini dapat hidup di wilayah sirkumpolar, namun kebanyakan cocok hidup di wilayah tropis, salah satunya di Indonesia. Tanaman yang hidupnya menumpang dibatang pohon ini sebenarnya bukan tanaman parasite. Hal tersebut dikarenakan bunga hias ini hanya membutuhkan tempat untuk hidup, namun dalam hal membuat makanan bunga ini termasuk tanaman mandiri. Walaupun demikian akarnya ini bisa saja mengganggu tanaman yang ditumpanginya karena bisa merusak kulit tanaman inang. Sebelum membahas mengenai cara menanam dan merawat bunga anggrek, lebih dahulu kita pahami mengenai karakteristik bunga anggrek.

Budidaya Bunga Anggrek

Bunga anggrek memang sangat unik, dimana sebagian bentuknya menyerupai serangga. Disisi lain, bunga hias ini juga memiliki warna cerah dan pola-pola yang indah. Karakteristik tanaman anggrek lainnya adalah memiliki akar yang serbaguna. Bunga anggrek ini memang mempunyai alasan mengapa banyak orang yang menyukai. Pasalnya bunga ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Dimana tanaman anggrek ini memiliki keindahan yang luar biasa, terutama pada bunganya. Ditambah dengan variasi warna yang beragam. Manfaat bunga anggrek lainnya adalah sebagai dan aroma pengharum pada aroma terapi, sabun ataupun parfume. Namun saat ini juga telah berkembang bahwa anggrek juga dijadikan sebagai tanaman herbal. Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki, tentunya banyak yang ingin mengetahui cara menanam dan merawat bunga anggrek.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Menanam Bunga Anggrek

Jenis bunga anggrek memang sangat banyak, dimana setiap jenisnya memiliki cara menanam yang berbeda. Pada umumnya sebagian bunga anggrek dapat ditanam di dalam pot atau di tempel pada media tanam. Penanaman bunga anggrek dengan cara ditempel ini menggunakan media batang pohon yang masih hidup. Langkah yang bisa diikuti adalah ikan anggrek pada pohon dengan menggunakan tali rapia, tali ijuk ataupun tali plastik. Secara perlahan-lahan hari demi hari, tanaman anggrek ini akan beradaptasi dengan pohon dan mampu menumbuhkan akar untuk menempel pada pohon tersebut.

Foto Bunga Anggrek

Cara menanam bunga anggrek menggunakan pot, langkahnya dimulai memilih pot sebagai tempat menanam. Dianjurkan menggunakan pot yang transparan guna mengontrol pertumbuhan akarnya. Selanjutnya memilih media tanam, dimana dapat memilih media tanam diantaranya sabut kelapa, potongan pakis, batu bara, batang ataupun pecahan genteng. Bibit anggrek bisa menggunakan bibit yang dapat dibeli di toko pertanian yang biasanya disebut bibit anggrek botolan yang berukuran 1 cm. Penanaman bibit anggrek ini langsung bisa dilakukan pemindahan ke pot yang telah diisi media tanam.

Bunga Anggrek Putih

Yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak merusak akarnya. Dimana untuk mengeluarkan bibitnya bisa menggunakan kawat yang dilengkungkan. Disisi lain juga tersedia bibit yang telah ditanam pada tray. Jenis bibit ini memiliki kelebihan pemindahan bibit anggrek yang lebih mudah. Cara menanam bibit jenis ini adalah memilih bibit yang telah berusia 3 bulan. Dimana pada usia tersebut bibit anggrek telah dapat dipindahkan ke pot yang memiliki diameter 15 cm. Dalam satu pot bisa ditaman 3 hingga 5 tanaman. Setelah berusia 3 bulan pada pot, kemudian pindahkan tanaman anggrek ke pot yang lebih besar. Dimana satu pot hanya berisi 1 tanaman saja.

Gambar Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara merawat bunga anggrek memang sangat penting diperhatikan. Dimana tanaman anggrek tentunya juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan, dengan tujuan tanaman tersebut dapat tumbuh maksimal. Salah satunya adalah penyiraman yang perlu diperhatikan agar tanaman anggrek tidak mati kebanyakan ataupun kekurangan air. Jika dilihat dari jenisnya, air yang bisa digunakan adalah air ledeng, air sumur ataupun air hujan. Namun hindari penggunaan air kali yang tentunya banyak mengandung bakteri ataupun jamur yang bisa mengganggu pertumbuhan anggrek. Disisi lain penyiraman tanaman anggrek juga harus menyesuaikan media tanam dengan iklim dilingkungan penanaman. Ditambah jika temperature tinggi, setidaknya tanaman anggrek disiram paling sedikit satu kali sehari, dan begitu pula sebaliknya. Tidak hanya itu banyak sedikitnya air juga mempertimbangkan ukuran tanaman anggrek itu sendiri.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Tanaman anggrek biasanya juga diserang oleh hama, virus ataupun penyakit yang bisa menganggu pertumbuhan ataupun merusak bagian akar, daun ataupun batang. Untuk itulah para pemula perlu memperhatikan cara merawat bunga anggrek. Terdapat beberapa hama yang dapat menganggu petumbuhan tanaman anggrek diantaranya siput, bekicot, semut, belalang, kutu daun, kupu ulat, rayap, kumbang dan juga tikus. Disisi lain, terdapat gangguan dari jamur yang menyerang bagian daun dan akar yang ditandai warna kuning kehitam-hitaman. Perawatan yang dapat dilakukan bisa menjaga kebersihan lingkungan penanaman anggrek, jika telah terlanjur bermasalah bisa menggunakan pestisida yang berbentuk cairan, butiran tepung ataupun tablet.

Bunga Anggrek Ungu

Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemupukan. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk menambah unsur yang diperlukan tanaman anggrek. Dimana dapat digunakan pupuk organic maupun anorganik. Tidak hanya itu kebutuhan akan cahaya matahari beserta kelembapan udarapun juga perlu mendapat perhatian khusus sehingga tanaman anggrek dapat berbunga nan cantik dan tumbuh subur.

Jenis Bunga Anggrek

Cara menanam dan merawat bunga anggrek ini merupakan panduan bagi pemula dalam mendalami kecintaannya terhadap bunga anggrek agar dapat membudidayakan dengan baik. Silahkan baca juga artikel saya yang lain tentang bunga sedap malam untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah anda. Semoga artikel di katalogtanaman.com ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Ini Berkaitan Dengan:

  • BUDIDAYA TANAMAN SAWI DAN BUNGA DAHLIA

Tags