Cara Menanam dan Merawat Bunga Adenium

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adenium

Kamis, 10 Agustus 2017 Cara Menanam Admin

Bunga Adenium atau kamboja jepang mempunyai bunga yang indah dan bentuk tanaman yang unik. Ada juga yang menyebutnya sebagai mawar gurun. Hal ini dikarenakan tanaman ini mempunyai ketahanan yang baik walaupun kekurangan air. Sehingga membuat tanaman ini bisa tumbuh di daerah kering atau gurun. Walaupun tidak membutuhkan suplai air yang banyak, tanaman ini tetap membutuhkan asupan air. Jenis bunga adenium sangat banyak. Bahkan sekarang sudah ada yang mulai disilangkan. Ketika berbunga, membuat tanaman ini tampak indah. budidaya bunga adenium ada beberapa cara. Bisa dengan cara grafting, vegetative atau dengan cara generative. Mari langsung saja kita bahas mengenai cara menanam dan merawat bunga adenium yang benar.

Bunga Adenium

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adenium

  1. Tanam Pada Media Tanam Yang Tepat

Cara menanam dan merawat bunga adenium harus menggunakan media tanam yang tepat. Untuk membuat cepat berbunga harus ditanam pada media tanam yang bernutrisi. Tanaman ini sangat bagus ditanam pada tanah porus. Tanah porus merupakan tanah yang mempunyai lubang atau pori-pori. Misalnya campuran tanah dengan pasir. Selain itu media tanam harus tidak mudah padat dan bisa menyerap air dengan baik. Anda bisa membuat media tanam dengan campuran pupuk kandang, pasir malang dan pecahan arang. Perbandingannya 1:1:1. Untuk pasir malangnya, lebih baik dicuci terlebih dahulu, supaya bebas dari tanah dan lumpur. Media tanam ini sangat bagus untuk menanam bunga adenium.

Cara Menanam Bunga Adenium

  1. Letakan Pada Tempat Yang Cukup Sinar Matahari

Cara menanam dan merawat bunga adernium yang satu ini, sering dilupakan oleh banyak orang sehingga membuat bunga ini tidak bisa tumbuh dengan baik. Habitat asli bunga ini di gurun yang panas. Hal inilah yang membuat bunga adenium sangat menyukai sinar matahari. Ketika tanaman mendapatkan sinar matahari yang banyak dan intensitas yang tinggi, akan membuat pertumbuhan semakin baik dan keadaan tanaman lebih sehat. Pada percabangan batang akan terlihat lebih kokoh, daun terlihat hijau segar dan bunga tumbuh dengan banyak. Jika diletakan pada daerah yang teduh akan membuat batang terlihat rapuh dan kecil. Sehingga membuat bentuk tanaman tidak bagus.

Cara Merawat Bunga Adenium

  1. Lakukan Pergantian Media

Anda harus melakukan pergantian media (repotting) secara rutin. Cara menanam dan merawat bunga adenium ini akan membuat tanaman tumbuh lebih subur. Ketika tumbuhan semakin besar, anda harus menggantinya. Minimal lakukan pergantian media tanam 6 bulan sekali. Pada saat melakukan pergantian media tanah, buang semua akar yang halus. Selanjutnya letakan pada tempat teduh selama seminggu, sampai luka-lukanya kering atau sembuh. Setelah itu tanam kembali dengan menggunakan media tanam kering. Tak perlu dilakukan penyiraman. Penyiraman dilakukan satu minggu setelah penanaman. Jangan lupa untuk meletakkan adenium di tempat yang intensitas mataharinya tinggi kembali.

Ragam Bunga Adenium

  1. Pemupukan Ulang Bunga Adenium

Pemupukan ulang perlu dilakukan sebagai cara menanam dan merawat bunga adenium dengan benar. Pemupukan akan membuat pertumbuhan tanaman adenium lebih baik. Selain itu akan membuat tanaman adenium cepat berbunga. Anda bisa menggunakan pupuk organik. Seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan jenis pupuk organik lainnya. Bisa juga dengan memilih pupuk slow release. Seperti dekastar, osmocote dan magamp. Jika menggunakan pupuk kimia anda harus memberikan sesuai dengan takaran. Jangan terlalu banyak karena akan membuat tanah tercemar. Pilihlah pupuk yang banyak mengandung kalium dan fosfor. Kedua nutrisi tersebut akan merangsang bunga rajin berbunga.

Bibit Bunga Adenium

  1. Penyiraman Secara Teratur

Walaupun bisa tumbuh di daerah kering dan tidak membutuhkan asupan air yang banyak, tanaman bunga adenium harus tetap dilakukan penyiraman secara teratur. Cara menanam dan merawat bunga adenium ini harus anda lakukan dengan benar. Pada saat musim kemarau, anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Penyiramannya tak perlu terlalu banyak. Cukup sampai agak lembab saja. Pada saat musim hujan tak perlu melakukan penyiraman terlalu sering. Baca juga cara menanam bunga bougenville. Pada saat musim hujan, anda juga harus meletakkan bunga adenium di tempat teduh. Supaya tidak terlalu sering terkena tetesan air hujan. Jika tanaman tidak dalam keadaan sehat, misalnya daun layu, kuncup bunga tidak bermunculan dan batang agak layu. Ini tak perlu penyiraman terlalu banyak.anda harus meletakannya dibawah sinar matahari terus menerus.

  1. Pemangkasan Tunas

Cara menanam dan merawat bunga adenium yang selanjutnya adalah melakukan pemangkasan pada tunas adenium. Pemangkasan akan membantu proses pertumbuhan bunga lebih cepat dan banyak. Anda bisa melakukan pemangkasan batang dengan pola-1-3-9. Dalam 1 batang primer maksimal terdapat 3 batang sekunder saja. Usahakan jangan sampai ada batang dan cabang yang tumpang tindih. Sehingga akan membuat tajuk tanaman terlihat lebih rapi dan bagus. Pada saat melakukan pemangkasan, jangan hanya memangkas sembarangan saja. Tapi harus ada etikanya.

Budidaya Bunga Adenium

Itulah beberapa cara menanam dan merawat bunga adenium yang harus anda lakukan. Jika anda lakukan dengan benar akan membuat tanaman adenium dapat tumbuh dengan baik. Salah satu kelebihan tanaman bunga adenium adalah bisa dijadikan tanaman bongsai. Jika ingin dibuat bongsai, anda bisa mengaturnya. Dengan melakukan pemangkaasan dengan benar. Bagian bongolnya bisa anda minikan dengan dililitkan kawat besi. Sekian artikel katalogtanaman.com kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda yang ingin budidaya bunga adenium.